Baznas Kulon Progo luncurkan Program "Aladin"

id baznas

Baznas Kulon Progo luncurkan Program "Aladin"

Badan Amil Zakat Nasional (foto antaranews.com) (antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan program "Aladin" guna membantu perbaikan rumah warga miskin

"Program tersebut merupakan bantuan dana untuk membiayai perbaikan rumah di bagian atap, lantai dan dinding (Aladin). Jumhah bantuan sebesar Rp1 juta per rumah," kata Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo saat memberikan sambutan pada bedah rumah milik Mitro Wiyadi, warga Pedukuhan Karangasem, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Minggu.

Turut hadir dalam acara tersebut Asda I Arif Darmanto, Sekretaris DPRD Irianta, Camat Pengasih Santoso, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kulon Progo Abdul Majid dan warga setempat.

Ia berharap program itu bisa dimanfaatkan oleh warga miskin yang rumahnya rusak. Yakni dengan membentuk panitia di tingkat pedukuhan kemudian mengajukan proposal ke BAZNAS kabupaten, dengan diketahui kepala desa.

"Ini merupakan program baru yang dukungannya masih sangat terbatas. Namun kami berharap agar bisa membantu warga miskin untuk memiliki rumah yang baik, nyaman dan aman sebagai tempat tinggal," ujar Tedjo.

Sutedjo menghadiri bedah rumah di 3 lokasi. Selain rumah milik Mitro Wiyadi, bedah rumah juga dilakukan terhadap rumah milik Zaidi, warga Pedukuhan Pendem, Desa Sidomulyo. Keduanya mendapatkan bantuan sebesar 15 juta dari Bank Mandiri.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kulon Progo Abdul Majid mengatakan sejak dimulai pada awal bulan Agustus lalu, melalui program Aladin telah dinyalurkan bantuan bagi 12 warga di Kecamatan Kokap dan Pengasih. Di Kokap delapan rumah dan di Pengasih empat rumah. Masing-masing sebesar Rp1 juta.

"Kami minta warga yang mengajukan agar bersabar untuk mendapatkan bantuan. Karena dana yang kami miliki masih sangat terbatas. Harus antre untuk mendapatkan giliran," katanya.

Seorang warga Pedukuhan Sumbersari, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang Patricia Sutinah memperoleh bantuan dari Sekretaris DPRD Kulon Progo Yohanes Irianta sebesar Rp10 juta dan dari Paguyuban PNS Kristiani (PPK) Kulon Progo Rp5 juta.
KR-STR