Gunung Kidul bangun Taman Budaya Logandeng

id gunung kidul

Gunung Kidul bangun Taman Budaya Logandeng

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Agus Priyanto)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun taman budaya dengan biaya Rp13,6 miliar di Desa Logandeng, Kecamatan Playen.

Kepala Dinas Kebudayaan Agus Kamtono di Gunung Kidul, Senin, mengatakan nantinya taman budaya seluas 2,5 hektare akan dugunakan untuk mengembangkan budaya.

"Saat ini sudah dilakukan pembayaran lahan milik warga. Total biaya pembangunan taman budaya sebesar?Rp13,6 miliar berasal dari anggaran dana keistimewaan (Danais) 2017," kata Agus.

Dia mengatakan kemungkinan tahun depan akan dimulai pembanguanan fisik, dan bisa digunakan sebagai pengembangan budaya. Saat ini, Disbud masih menyusun detail perencanaan pembangunan fisik terlebih dahulu.

"Tahun ini selesai untuk DED tahun depan pembangunan fisiknya," katanya.

Agus mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda DIY terkait pembangunannya, apakah akan dibangun langsung Pemda DIY atau Pemkab Gunung Kidul.

"Kami nanti akan berkoordinasi dengan Pemda DIY seperti apa nanti pembangunannya," katanya.

Kepala Desa Logandeng Suhardi mengatakan puluhan bidang tanah sudah resmi menjadi milik Pemkab Gunung Kidul, warga masyarakat setempat menerima pembayaran pada hari Jumat (18/8) kemarin.

"Saat ini warga sudah mengosongkan lokasi, dan tidak ada penolakan," katanya.

Dia mengatakan warga mendukung pembangunan taman budaya karena diharapkan bisa menjaga kelestarian budaya. "Warga sudah mendapatkan sosialisasi dan sepakat pembayaran tanah," katanya.
KR-STR