Pemkab Gunung Kidul kembangkan perpustakaan desa

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul kembangkan perpustakaan desa

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan perpustakaan desa sebagai upaya pembangunan literasi di tengah masyarakat.

"Perpustakaan desa diharapkan dapat menjadi pemicu pergerakan pembangunan di masing-masing desa," kata Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan Gunung Kidul memiliki pertumbuhan perpustakaan desa yang cukup signifikan. Pada 2014, jumlah perputakaan desa di Gunung Kidul hanya empat unit, namun saat ini telah mencapai 24 unit.

"Kami menambah 10 unit perpustakaan desa pada 2017 ini," katanya.

Ia mengatakan pembentukan perpustakaan desa merupakan langkah stratregis untuk menumbuhkan minat baca masyatakat.

"Ke depan, harapannya kemudahan masyarakat untuk memperoleh informasi dari buku-buku yang disajikan di perpustakaan desa akan menambah pengetahuan sehingga berpengaruh pada kemajuan sumber daya manusia," katanya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunung Kidul Ali Ridlo mengatakan sejauh ini ada 24 perpustakaan desa di Kabupaten Gunung Kidul yang berkembang dengan baik.

"Untuk memaksimalkan peran perpustakaan sebagai salah satu sektor penggerak pembangunan desa, kami banyak melakukan kerja sama dengan lintas pemangku kepentingan," katanya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunung Kidul bersinergi dengan Perpustakaan DIY, Bappeda, Dinas Komunikasi dan Informatika, PT Telkom, Bukalapak.com, serta media massa. ***4***



(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024