Disdukcapil jemput bola rekaman e-KTP di sekolah

id e-KTP

Disdukcapil jemput bola rekaman e-KTP di sekolah

Ilustrasi (Foto ANTARA/Dok)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan jemput bola ke sekolah dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik.

Kepala Disdukcapil Gunung Kidul Eko Subiyantoro di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan perekeman e-KTP ke sekolah-sekolah merupakan program baru yang dimulai tahun ini.

"Perekaman akan dilakukan di 40 sekolah, terutama di pinggiran. Kami berupaya menyisir pelajar yang cukup umur untuk direkam datanya," katanya.

Ia mengatakan perekaman dilakukan oleh petugas langsung dengan membawa peralatan khusus.

Upaya tersebut juga untuk melakukan pendataan terhadap pelajar yang belum memiliki akta kelahiran.

"Saat ini sudah ada 10 sekolah yang didatangi dan dilakukan perekaman," katanya.

Salah seorang petugas perekaman e-KTP, Sri Mulyaningsih, menambahkan pada Selasa, Disdukcapil mendatangi SMA 1 Semanu. Ada 23 siswa yang telah memenuhi syarat langsung dapat melakukan proses perekaman e-KTP.

"Sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada siswa untuk membawa persyaratan. Mulai dari KK hingga surt keterangan dari desa," katanya.

Dia mengatakan setelah diverifikasi nanti surat keterangan telah melakukan perekaman akan langsung dikirim ke sekolah, sebelum blangko e-KTP tersedia.

"Nanti kami berikan surat keterangan, sebelum nanti diberikan fisik," katanya.

Pelaksana Harian Kepala SMA 1 Semanu Tarsisius Agung Topo Broto mengatakan siap menyukseskan program perekaman KTP elektronik ke sekolah.

Terlebih, katanya, saat sudah lulus sekolah, para lulusan dapat menggunakannya sebagai bekal untuk memudahkan dalam mencari pekerjaan ataupun melanjutkan sekolah. ***2***


(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024