"Jogja Fashion Week XII" resmi dibuka

id jogja fashion week

"Jogja Fashion Week XII" resmi dibuka

The 12th Jogja Fashion Week Model sedang memperagakan busana diatas catwalk dalam pembukaan Jogja Fashion Week (JFW) di Jogja Expo Center, Rabu (23/8). Rangkaian kegiatan The 12th Jogja Fashion Week (JFW ke-12) meliputi fashion show, fashion exhibiti

Yogyakarta, 23/8 (Antara) - Perhelatan "Jogja Fashion Week XII" dengan tema "Dream in Harmony" di Jogja Expo Center secara resmi dibuka pada Rabu, dan akan berlangsung hingga Minggu (27/8).

Pembukaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih serta Kepala Disperindag DIY Budi Antono.

"Kami berharap Jogja Fashion Week (JFW) XII ini mampu mendorong berkembangnya sektor industri kreatif khususnya produk fesyen," kata Budi Antono.

Ia mengatakan penyelenggaraan JFW XII 2017 dikelola sendiri oleh Disperindag DIY, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar bersama-sama dengan Dinas Pariwisata DIY.

"Tahun ini kami menargetkan mampu membukukan penjualan Rp600 juta dengan menarik sebanyak 4.000 pengunjung selama lima hari pameran," kata dia.

Budi menjelaskan, tema "Dream ini Harmony" untuk JFW XII didasarkan sebuah impian untuk menjadikan produk-produk fesyen DIY dapat "go public" dengan tetap menjaga kearifan lokal yang diselaraskan dengan perkembangan zaman.

Adapun rangkaian kegiatan JFW ke-12 meliputi fashion exhibition, fashion seminar, fashion competition, fashion show, fashion art, talkshow dan karnaval JFW. "Pemerintah DIY memberikan dukungan penuh sehingga peserta pameran tidak dipungut biaya apapun," kata dia.

Khusus untuk acara karnaval, menurut Budi, penganggarannya melekat pada Dinas Pariwisata DIY. Kegiatan yang akan diselenggarakan pada Minggu (27/8) akan memamerkan aneka busana di sepanjang Jalan Malioboro mulai Hotel Inna Garuda hingga Titik Nol Kilometer.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan HB X dalam sambutannya berharap JFW XII menjadi wahana positif bagi eksistensi perancang-perancang mode di DIY dengan kreasi wastra Nusantara yang lebih variatif dengan tidak meninggalkan unsur budaya lokal.

"Saya berharap bisa menjadi semangat dan inspirasi bagi desainer-desainer kita yang pada akhirnya mampu menimbulkan 'multiplier effect' dan berimplikasi signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Sultan.***1***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024