Gunung Kidul bentuk Forum CSR penyalur bantuan

id gunung kidul

Gunung Kidul bentuk Forum CSR penyalur bantuan

Pemkab Gunung Kidul (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membentuk Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR bersama seluruh perusahaan yang ada supaya penyaluran bantuan lebih merata.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Rabu, menyampaikan sesuai dengan Perbup Nomor 122/2016 tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, pihaknya melakukan sosialisasi tentang pentingnya koordinasi dengan pemkab terkait dengan penyaluran bantuan.

"Forum ini nantinya akan berkoordinasi dengan Bappeda. Forum ini sangat penting karena dapat membantu pemerintah dalam program pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dengan koordinasi baik antara pemerintah dan perusahaan, Badingah berharap bisa mengurangi tumpang-tindih bantuan. Dalam artian, setiap bantuan masuk melalui forum dan disalurkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Jangan sampai bantuan menumpuk di satu wilayah," katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini bantuan CSR sudah banyak. Namun, belum terorganisasi dengan baik sehingga perlu koordinasi.

Kepala Bappeda Gunung Kidul Sri Suhartanto mengatakan pembentukan forum CSR melibatkan seluruh perusahaan yang ada di Gunung Kidul.

"Awalnya akan membuat Tim Koordinasi dan Fasilitasi Pelaksanaan Tannjung Jawab Sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan," katanya.

Tim tersebut nantinya akan terus berkoordinasi dengan perusahaan dan pemkab terkait dengan penyaluran bantuan. Selain itu, akan melaporkan kepada bupati secara berkaala.

"Asas pemenuhan program CSR bersifat sukarela yang pelaksanaan tanggung jawab sosuil sebagai kebijakan perusahaan yang melebihi dari keharusan yang diatur dalam hukum," katanya.KR-STR