Masyarakat diminta waspadai kebakaran pada musim kemarau

id kebakaran

Masyarakat diminta waspadai kebakaran pada musim kemarau

Foto ilustrasi kebakaran rumah (foto ANTARA Manado / Dok)

Gunung Kidul (Antara) - Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta masyarakat untuk mewaspadai kebakaran pada musim kemarau.

"Kami mengimbau masyarakat karena terkadang lupa membuat api untuk membakar sampah atau memasak, keteledoran akhirnya merembet dan membakar sekitarnya," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Gunung Kidul Diyono di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan sebanyak 27 kasus kebakaran selama Januari 2017 hingga Agustus 2017 ini. "Sebanyak 19 kasus kejadian terjadi selama musim kemarau ini mulai Juli 2017 hingga Agustus 2017. Hal ini tergolong tinggi," katanya.

Diyono mengatakan kejadian paling banyak di Kecamatan Wonosari dengan 10 kasus, dan kecamatan Playen delapan kasus, sisanya tersebar di berbagai wilayah.

"Musim kemarau ini potensi kebakaran cukup tinggi, masyarakat diimbau waspada," katanya.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Kidul Budhi Harja mengatakan dalam beberapa minggu terakhir angin bertiup cukup kencang. BPBD meminta masyarakat untuk waspada.

"Jangan bakar sampah sembarangan sehingga berpotensi menyebabkan kebakaran," katanya.

Dia mengatakan masyarakat pun diminta segera melaporkan jika menemukan peristiwa kebakaran kepada Tim Pemadam Kebakaran melalui nomor telepon (0274) 391113.

"UPT Damkar sudah mempersiapkan tiga unit mobil (damkar) yang siap siaga untuk mengantisipasi bahaya kebakaran di wilayah Gunungkdiul dan tim reaksi cepat (TRC) yang siap siaga bahaya kebakaran," katanya.

(KR-STR)