"Rail Clinic" beri layanan di Rewulu DIY

id KAI

"Rail Clinic" beri layanan di Rewulu DIY

logo pt kai (istimewa)

Yogyakarta (Antara) - Kereta kesehatan milk PT KAI "Rail Clinic" hadir di Stasiun Rewulu DIY untuk memberikan berbagai pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga yang tinggal di sekitar stasiun.

"Tinggal datang ke Stasiun Rewulu dan menunjukkan kartu identitas penduduk, maka warga sudah bisa menikmati berbagai pelayanan kesehatan secara gratis," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Eko, sejumlah layanan kesehatan yang bisa dinikmati warga di antaranya adalah layanan kesehatan tingkat pertama yang meliputi pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi, kehamilan, pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta layanan farmasi.

Selain memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan secara gratis, PT KAI juga memberikan bantuan 50 kacamata gratis bagi pelajar, imunisasi MR, pemberian alat bantu untuk warga berupa kursi roda, alat olahraga dan Al Quran.

"Kami tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan saja, tetapi juga melakukan penyuluhan kesehatan agar warga bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan mereka," ucapnya.

Eko menyebut, sasaran dari pelayanan kesehatan melalui Rail Clinic di Stasiun Rewulu tersebut adalah 250 warga. "Kami menyiapkan petugas kesehatan dari internal PT KAI," tuturnya.

Sementara itu, Deputy Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Ida Hidayati mengatakan, "Rail Clinic" akan hadir di seluruh wilayah kerja PT KAI yang ada di Jawa dan Sumatera tahun ini.

"Tujuannya adalah melakukan bakti sosial memberikan layanan kesehatan bagi warga yang tinggal di wilayah jalur kereta api sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan warga. Warga pun diharapkan dapat membantu kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta," ujarnya.

"Rail Clinic" telah dinobatkan sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia. Selain memberikan layanan kesehatan gratis, kereta tersebut juga siap dioperasionalkan untuk tujuan kemanusiaan seperti membantu kondisi gawat darurat saat terjadi bencana.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024