Koprabuh catatkan rekor dunia tanam 250.000 pohon

id tanam pohon

Yogyakarta (Antara) - Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau akan mencatatkan rekor dalam "Guinness Book of World Record" dengan menanam 250.000 pohon secara serentak dalam waktu satu jam di Ponjong, Kabupaten Gunungkidul pada 9 Desember 2017.

Ketua Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) Yohanis Cianes Walean di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Selasa, mengatakan ratusan ribu pohon yang rencananya akan ditanam di lahan seluas 50 hektar itu adalah jenis pohon pilihan seperti jambu, akasia, jati dan kaliandra.

"Acara penanaman pohon rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo serta Gubernur DIY Sultan HB X," kata Yohanis.

Menurut dia, penanaman pohon yang akan dilakukan di Gunung Kidul itu melampaui pemecahan rekor sebelumnya sebanyak 238.000 pohon di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada 28 November 2016.

Meski demikian, menurut Yohanis, penanaman pohon tidak sekadar untuk mencatatkan rekor dunia, melainkan sebagai wujud gerakan nyata merespons imbauan Presiden Jokowi untuk menanam 25 pohon setiap orang dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

Yohanes menjelaskan penaman pohon itu akan melibatkan 10.000 petani yang telah menjadi anggota Koprabuh. Selain itu, ia juga akan menggandeng penyanyi senior Titiek Puspa yang telah didaulat sebagai Duta Penanaman Pohon.

"Penanaman pohon ini supaya O2 (oksigen) terpelihara. Kalau sekarang kita menanam, anak cucu kita nanti tetap bernafas dengan baik ," kata Titiek Puspa.

Titiek mengaku tak terkendala dengan usia untuk terlibat dalam gerakan penanaman pohon. Alasannya, kegiatan positif itu berkaitan dengan rasa nasionalisme dan dorongan kemanusiaan.

"Karena saya orang Indonesia maka saya ikut," kata dia.

(L007)