Dispar Gunung Kidul bangun Pusat Informasi Pariwisata

id Gunung kidul

Dispar Gunung Kidul bangun Pusat Informasi Pariwisata

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Agus Priyanto)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun Pusat Informasi Pariwisata atau Tourist Information Centre yang diharapkan segera selesai, sehingga memudahkan wisatawan dalam mengakses informasi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Saryanto di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan saat ini, Dispar tengah menyelesaikan proyek pembangunan Tourist Information Centre (TIC) yang ditargetkan tidak lama lagi akan selesai.

Pembangunan kantor TIC berada di Desa patuk, Kecamatan Patuk, atau tepat di pintu masuk Gunung Kidul, menelan anggaran Rp2,56 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Sebentar lagi selesai, dan bisa digunakan," katanya.

Ia mengatakan ke depan pihaknya akan menggandeng pemandu wisata dan akan ditempatkan di Kantor TIC bekerja sama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), seluruh pemandu wisata akan memiliki basecamp di sana.

"Pemandu wisata akan ditempatkan pada satu kantor TIC," katanya.

Saryanto mengatakan adanya TIC diharapkan bisa memudahkan wisatawan mengakses informasi wisata di wilayah ini.

"Informasi destinasi wisata bisa mudah ditemukan di sana," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan dengan adanya TIC bisa menginformasikan destinasi yang selama ini belum banyak dikunjungi. Tidak hanya untuk destinasi wisata di selatan seperti pantai, namun juga untuk mempromosikan pariwisata di daerah utara.

"Wilayah selatan Gunung Kidul lebih dulu dikenal dan dikembangkan, sehingga daerah utara kalah pamor," katanya.

Ia mengatakan wilayah utara seperti Green Village Gedangsari, Gunung Gentong Gedangsari, Air Terjun Curuksewu Gedangsari, Luweng Sampang Gedangsari, Hutan Wonosadi di Ngawen, Gunung Gambar di Ngawen, Embung Batara Sriten di Nglipar. "Masih banyak lokasi wisata yang belum banyak dikunjungi wisatawan," katanya. ***1***


(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024