Wabup buka Festival Anggrek Vanda Tricolor Merapi

id Anggrek vanda tricolor

Wabup buka Festival Anggrek Vanda Tricolor Merapi

Anggrek Vanda tricolor dari lereng Gunung Merapi (Foto sdkandangan3.wordpress.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Muslimatun membuka Festival Anggrek Vanda Tricolor Ke-3 Tahun 2017 di Titi Orchid, Kecamatan Pakem, Rabu.

Sri Muslimatun berharap kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap anggrek sekaligus memperkenalkan jenis-jenis anggrek yang terdapat di kawasan Gunung Merapi kepada masyarakat dapat membawa dampak positif bagi keberadaan anggrek di kawasan Gunung Merapi Kabupaten Sleman.

"Di Kawasan Gunung Merapi terdapat lima ribu jenis anggrek, dari tiga puluh ribu total jumlah anggrek yang ada di seluruh dunia. Luar biasa. Ini artinya satu per enam jenis anggrek di seluruh dunia ada di kawasan Gunung Merapi," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat diharapkan berperan aktif untuk membudidayakan anggrek di kawasan tersebut lereng Merapi dan di wilayah Sleman secara umum.

"Keberadaan anggrek di kawasan Gunung Merapi tersebut dapat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Sleman," katanya.

Perwakilan Perhimbunan Anggrek Indonesia (PAI) Pusat Eni Budiharjo Satoto mengatakan kegiatan Festival Anggrek Vanda Tricolor ke-3 tersebut mampu mempertegas jati diri daerah.

"Meskipun acara tersebut bersifat lokal kedaerahan, namun acara tersebut sangat berarti jika dilihat dari lingkup nasional bahkan internasional," katanya.

Menurut dia, acara tersebut sangat berani mengambil tema yang sangat spesifik, yaitu Vanda Tricolor Var Suavis Lindley.

"Pemilihan tema ini sangat tepat dan berani karena belum banyak yang melestarikan anggrek jenis vanda ini, dan lebih spesifik lagi spesies tricolor," katanya.

Pada kesempatan tersebut turut diresmikan Pojok Baca yang diprakarsai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sleman dan Titi Orchid.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan keberadaan pojok baca tersebut mampu menjadi referensi masyarakat yang ingin menggali informasi terkait budidaya anggrek.

"Bahan bacaan tentang anggrek ini tidak banyak. Saya harap para pecinta anggrek mau menuliskan pengalamannya terkait hal apa saja tentang anggrek ini," katanya.

Kegiatan Festival Anggrek Vanda Tricolor ke-3 tersebut merupakan sinergi antara PAI DIY, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sleman, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sleman, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Fakultas Biologi UGM, Fakultas Pertanian Janabadra, PDAM Sleman, Bank Sleman dan Titi Orchid.

Festival tersebut akan digelar selama lima hari mulai 6 hingga 10 September 2017. Festival tersebut juga diisi dengan berbagai acara, diantaranya Lomba Kontes Vanda Tricolor Suavis Lindl, Lomba Kontes Dendobrium Spetulata, Workshop, Lomba Fotografi, Klinik dan Pelatihan budidaya Anggrek, Merangkai Anggrek, Jelajah Wisata Edukasi, Lomba Mrnggambar dan Mewarnai, dan Pameran serta Bursa Anggrek.***1***