25 penyelenggara haji-umrah ikuti "UHMT Expo"

id Haji

25 penyelenggara haji-umrah ikuti "UHMT Expo"

Ketua Forum Pengusaha Umrah Haji Yogyakarta (Forpuhy) HR Tanto memberikan keterangan terkait Umrah Hajj Moslem Tour (UHMT) Expo 2017. (Foto Antara/ Bambang Sutopo Hadi)

Yogyakarta,(Antara Jogja) - Sebanyak 25 penyelenggara perjalanan haji dan umrah di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah akan mengikuti "Umrah Hajj Moslem Tour Expo 2017" di Jogja City Mall Yogyakarta pada 8-10 September.

"Umrah Hajj Moslem Tour (UHMT) Expo 2017 merupakan pameran penyelenggara perjalanan haji dan umrah terbesar di wilayah Yogyakarta, Solo, Semarang, dan sekitarnya," kata Ketua Forum Pengusaha Umrah-Haji Yogyakarta (Forpuhy) HR Tanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, perhelatan "UHMT Expo" menjadi momentum yang tidak hanya bersejarah karena pertama kali dihelat di Yogyakarta, tetapi juga menjadi ikhtiar untuk menepis keraguan para calon jamaah.

"Selama ini banyak calon jamaah yang menerima informasi yang kurang baik atau mendapatkan penawaran yang menyesatkan dan cenderung tidak mematuhi aturan pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, calon jamaah sering mendapatkan tawaran dari "travel agent" yang tidak memiliki kemampuan dan kecakapan dalam pengelolaan manajemen penyelenggaraan perjalanan umrah hingga menyebabkan kegagalan berangkat ke Tanah Suci.

"Pada ajang `UHMT Expo` itu kami juga menghadirkan sejumlah tokoh dari kalangan pemerintah, pakar, dan praktisi dalam `talkshow` dengan berbagai materi yang menarik seperti pelayanan serta produk dan aturan perundang-undangan yang berlaku terkait umrah dan haji," katanya.

Wakil Sekjen Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo) Wawan Setiawan mengatakan Yogyakarta menjadi sebuah kota yang penting dan strategis karena potensi jamaah dan masyarakat muslimnya begitu besar.

"Mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang tepat dalam memilih dan memanfaatkan penyelenggara perjalanan haji dan umrah yang baik dan terpercaya untuk kebutuhan perjalanan ibadah mereka ke Tanah Suci," katanya.

Menurut dia, selama ajang pameran berlangsung, masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya dapat hadir dan berpartisipasi dalam beragam rangkaian acara berupa "talkshow", acara syiar, kesenian nasyid, "door prize", "lucky dip", dan "voucher" umrah.

"Pameran yang berlangsung selama tiga hari itu terselenggara atas kerja sama Forpuhy, Asphurindo, Kanwil Kementerian Agama DIY, CIMB Niaga Syariah, Citilink, dan CIU Insurance," katanya.
(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024