Sabtu, 23 September 2017

UIN Sunan Kalijaga rintis jurnal internasional eksakta

id uin sunan kalijaga
UIN Sunan Kalijaga rintis jurnal internasional eksakta
Para pembicara "International Conference On Science And Engineering (ICSE) 2017" yang diselenggarakan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Gedung Prof RHA Soenardjo.(Foto Istimewa)
Yogyakarta (Antara Jogja) - Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta merintis jurnal internasional eksakta untuk memacu para peneliti dan dosen menghasilkan karya-karya riset terapan.

"Karya-karya riset terapan itu mengintegrasikan keilmuan eksakta dengan nilai-nilai Islam (Al Quran) sebagai 'core value' UIN Sunan Kalijaga," kata Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Sahiron di Gedung Prof RHA Soenardjo Yogyakarta, Selasa (12/9).

Pada "International Converence On Science and Engineering (ICSE) 2017", Sahiron mengatakan, keberadaan Fakultas Sains dan Teknologi sangat penting artinya bagi UIN Sunan Kalijaga untuk cepat "go international".

"Oleh karena itu, proses pembelajaran dan penelitian harus terus ditingkatkan baik melalui publikasi jurnal yang terindeks Scopus maupun dalam bentuk 'proceeding'," kata Sahiron.

Ketua panitia konferensi Muhammad Ja'far Luthfi mengatakan, sebanyak 220 orang terdiri atas ahli, peneliti, dosen, dan mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri hadir pada konferensi tersebut.

Sebanyak 82 karya riset bidang eksakta dalam dan luar negeri dipresentasikan di hadapan peserta konferensi.

Forum itu menjadi momentum penting untuk merintis jurnal "Biology, Medicine  and Natural Product Chemistry" menuju internasionalisasi jurnal.

Jurnal itu menjadi satu-satunya jurnal internasional eksakta yang berbahasa Inggris di kampus UIN Sunan Kalijaga. Karya riset yang dipresentasikan, setelah disempurnakan akan dimuat dalam jurnal tersebut.

"Selanjutnya akan diperjuangkan untuk bisa segera terindeks Scopus maupun DOAJ," kata Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga itu.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Murtono mengatakan presentasi karya riset para narasumber diharapkan memacu sivitas akademika untuk menghasilkan karya-karya teknologi terapan.

"Melalui pendekatan multidisiplin terpadu Ilmu Fisika dan Bumi, Ilmu Hayat, Kimia dan Teknologi Kimia, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknik, Matematika dan Statistik, Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, sejalan dengan visi fakultas sebagai pusat keunggulan dalam penelitian ilmiah dan teknik," kata Murtono.

(B015)





























































































Editor: Bambang Sutopo Hadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga