Lazada gelar lokakarya "Upgrade UKM" di Yogyakarta

id Lazada gelar lokakarya Upgrade UKM di Yogyakarta

Lazada gelar lokakarya "Upgrade UKM" di Yogyakarta

Lokakarya "Upgrade UKM" dari Lazada di Kota Yogyakarta. (Foto istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Lazada, destinasi belanja "online" nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, menggelar lokakarya yang menghadirkan beragam "seller" terbaik di Yogyakarta, Sabtu (16/9), sebagai bagian dari rangkaian program "roadshow" #UpgradeUKM.

"Program "roadshow" #UpgradeUKM itu digelar di sebelas kota besar di seluruh Indonesia. Yogyakarta merupakan kota kelima yang dikunjungi tim Lazada setelah Bandung, Makassar, Medan, dan Semarang," kata SVP Community & PR Lazada Indonesia Achmad Alkatiri.

Ia mengatakan, lebih dari 250 wirausahawan, pedagang, "seller", dan pengusaha UKM kreatif di Yogyakarta menyimak rangkaian kegiatan lokakarya informatif dan edukatif mengenai tren belanja "online", kiat sukses menjadi penjual "online" berprestasi di "marketplace".

Selain itu juga tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, serta berbagai macam solusi untuk mengatasi tantangan berjualan "online".

"Memahami kebutuhan pelanggan dan kemajemukan Indonesia sebagai pasar adalah salah satu kunci mendasar dalam mengembangkan usaha yang kita miliki. Kita selaku para wirausahawan kreatif dituntut untuk terus menerus berinovasi dalam menghasilkan atau menghadirkan produk," katanya.

Wirausahawan juga dituntut selalu menjaga kualitas produk dan mutu pelayanan pelanggan terhadap pelanggan dengan baik. Pada akhirnya, pelanggan yang puas akan merekomendasikan jasa atau produk kita ke rekan dan kerabat mereka yang lainnya.

Melihat besarnya potensi pasar "online" Indonesia, menurut dia, sudah sewajarnya UKM berani mengembangkan bisnisnya ke ranah digital.

"Bukti nyata komitmen kami dalam mendukung UKM adalah melalui fasilitas gratis ongkir sehingga para penjual dan pedagang di berbagai daerah dapat semakin menjangkau pembeli di mana pun tanpa harus khawatir dengan biaya ongkos kirim," kata Achmad.

Pada "roadshow" #UpgradeUKM di Yogyakarta, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan "marketplace online" untuk mendorong potensi usaha mereka, serta kiat sukses dari sejumlah "seller" berpengalaman yang terbukti berhasil mengembangkan usahanya di situs Lazada.

"Roadshow" itu bertujuan membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara "offline".

Mereka nanti diharapkan mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan berdagang secara "online" bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi.

"Selain itu, tidak menutupi kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar nasional dan global bersama Lazada. Setelah Yogyakarta, kota selanjutnya adalah Denpasar, Bali, pada minggu berikutnya," kata Achmad.

Pengusaha Dedy Indrawan mengatakan, dukungan manajemen Lazada terhadap para "seller" terpadu dan berkelanjutan. Selain memiliki jaringan pelanggan dan konsumen terluas dan tertinggi di Indonesia, situs Lazada mendorong pertumbuhan usaha para "seller" dengan beragam fasilitas.

"Fasilitas itu di antaranya COD (Cash on Delivery) untuk pembeli dan gratis ongkir sehingga kita dapat fokus dengan pengembangan rangkaian produk, peningkatan mutu pelayanan konsumen, serta harga yang kompetitif tanpa khawatir dengan beban biaya pengiriman," kata Dedy.

(B015)



Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024