Angkasa Pura Gelar "jamasan" Kereta Kencana Adisutjipto

id Jamasan kereta kencana adisutjipto

Angkasa Pura Gelar "jamasan" Kereta Kencana Adisutjipto

Prosesi jamasan Kereta Kencana Adiautjipto di Bandara Adisutjipto Internasional Yogyakarta (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (Antara) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menggelar ritual tradisi jamasan "Kereta Kencana Adisutjipto" di halaman Terminal A, Rabu.

"Jamasan atau tradisi membersihkan Kereta Kencana Adisutjipto ini memang dilakukan rutin setiap tahun untuk pemeliharaan. Kebetulan tahun ini mendekati datangnya 1 Suro," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

Menurut dia kereta replika Kereta Kencana Keraton itu sudah beberapa tahun menghiasi pintu masuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta untuk menambah kecantikan dan keindahan bandara dengan menampilkan sesuatu bentuk kearifan lokal.

"Kami komitmen untuk menjunjung tinggi kearifan lokal dan budaya lokal yang ada, sehingga kami hadirkan Kereta Kencana ini di Bandara Adisutjipto," katanya.

Agus Pandu menambahkan upaya tersebut juga sebagai perwujudan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendorong seluruh BUMN untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata Indonesia.

"Kami sengaja melakukan jamasan Kereta Kencana Adisutjipto di halaman Terminal A agar masyarakat dapat menyaksikan prosesi budaya yang cukup menarik wisatawan ini, biasanya kereta kencana ada di keraton, tetapi sekarang ada juga di Bandara Adisutjipto," katanya.

Agus mengatakan prosesi jamasan Kereta Kencana Adisutjipto dilakukan layaknya prosesi jamasan kereta pusaka dan kereta kencana yang ada di Keraton Yogyakarta.

"Semua petugas jamasan juga berasal dari Keraton Yogyakarta, termasuk pasukan bregodo yang mengiringi keluar dan masuknya Kereta Kencana Adisutjipto," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024