DIY imbau seluruh nelayan memiliki Kartu Identitas

id Kartu identitas nelayan

DIY imbau seluruh nelayan memiliki Kartu Identitas

Nelayan Kabupaten Kulon Progo, DIY, kembali melaut setelah satu tahun memarkir kapalnya. (Foto Antara/mamiek)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau seluruh nelayan memiliki kartu identitas nelayan untuk memudahkan penerimaan bantuan pemerintah.

"Agar bantuan pemerintah tepat sasaran maka para nelayan harus memiliki kartu identitas," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Suwarman Partosuwiryo di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, banyak bantuan pemerintah yang mensyaratkan kepemilikan kartu identitas nelayan, seperti pemberian asuransi, penyerahan bantuan kapal, hingga program Pemberdayaan Usaha Masyarakat (PUM) kepada nelayan.

"Sekarang pengurusannya sudah dipermudah karena bisa dilakukan di masing-masing kabupaten dengan formulir yang telah disediakan," kata dia.

Seluruh nelayan penerima kartu identitas, menurut dia, telah mengetahui fungsi penting kartu itu sebab sosialisasi mengenai kartu nelayan telah berulangkali disampaikan dalam berbagai pertemuan.

Hanya saja, kata Suwarman, masih ada nelayan yang hingga saat ini malas mengurus pembuatan kartu itu.
Hingga akhir 2016 sebanyak 2.592 orang di DIY telah menerima kartu dengan perincian 575 nelayan di Bantul, 1.347 nelayan di Gunung Kidul, dan 670 nelayan di Kulon Progo.

"Tinggal 384 nelayan yang masih belum mengisi formulir pengajuan kartu nelayan," kata dia.

Suwarman berharap dengan memiliki kartu identias sebagai nelayan, seluruh nelayan memiliki asuransi sebab mereka kerap mengalami kesulitan biaya pengobatan saat terjadi kecelakaan kerja disebabkan belum memiliki jaminan asuransi.

"Dengan memiliki asuransi nelayan setiap pengobatan mendapatkan jaminan klaim dari pihak asuransi yang bekerja sama dengan pemerintah," kata dia.
Berdasarkan data terakhir yang dimiliki DKP DIY baru 800 nelayan yang telah menerima bantuan premi asuransi nelayan. Sedangkan jumlah keseluruhan nelayan di DIY yang terdata dan memiliki kartu nelayan mencapai 2.968 orang.

(T.L007)