Gunung Kidul perbaiki jaringan irigasi optimalkan produksi

id irigasi

Gunung Kidul perbaiki jaringan irigasi optimalkan produksi

Jaringan irigasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalokasikan dana Rp11,7 miliar dalam memperbaiki 67 titik jaringan irigasi guna mengoptimalkan produksi pertanian di kawasan itu.

Kasi Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunung Kidul Sugiyanto di Gunung Kidul, Jumat mengatakan tahun ini ada perbaikan daerah irigasi bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp7 miliar untuk menangani tujuh paket meliputi 40 titik

Selain itu, katanya bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp4,1 miliar tersebar pada 27 lokasi di wilayah itu.

"Peningkatan dan perbaikan jaringan irigasi meliputi kondisi yang mengalami rusak berat yang lokasinya tersebar ke sejumlah wilayah," kata Sugiyanto.

Dari data yang ada, kondisi saluran irigasi dalam kondisi baik panjangnya mencapai 358 ribu meter sementara kategori rusak mencapai 45 ribu meter. Meski ada kerusakan dan masih dalam upaya perbaikan, namun keberadaan sumur pompa cukup efektif. Dengan total 58 titik daerah irigasi.

"Mulai dari Kecamatan Wonosari Karangmojo, Playen, Semanu dan Kecamatan Ponjong," ujarnya.?

Sementara ?itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto mengatakan hal yang sama. Menurut dia, hasil panen petani Gunung Kidul cukup bagus.

"Tahun ini periode Januari hingga April produksi pertanian juga surplus 30 ton," katanya.

Ia mengatakan tahun ini dari target lahan luas tambah tanam ?(LTT) padi Oktober - Maret seluas 58.224 hektare telah tercapai 58.779 hektare.

"Kami rasa stok pangan tidak masalah," katanya.
KR-STR