UNY-HIE kerja sama penelitian pendidikan inklusif

Jogja (Antara Jogja) - Peneliti Universitas Negeri Yogyakarta dan Hongkong Institute of Education bekerja sama melakukan penelitian dalam bidang pendidikan inklusif dan "green jobs".

"Mereka terlibat dalam penelitian yang diadakan Hongkong Institute of Education (HIE) bersama dengan Asian Development Bank (ADB)," kata Senior Research Fellow UNESCO-UNEVOC International Centre di HIE, Margarita Pavlova di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia saat bertemu Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Rochmat Wahab, HIE dan ADB sedang mengadakan penelitian berjudul "education for inclusive and green jobs" yang melibatkan beberapa peneliti di mana salah satunya adalah Dr Widarto dari Fakultas Teknik (FT) UNY.

"Tim peneliti itu berencana mengadakan pertemuan dan berdialog dengan lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, lembaga nonpemerintah, dan kalangan industri untuk mengetahui perkembangan `green jobs` dan pertumbuhan pendidikan inklusif di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, untuk menghadapi isu-isu lingkungan dan perubahan iklim, pemerintah negara berkembang menempatkan pendidikan, belajar seumur hidup, pelatihan kerja, dan pengembangan keterampilan sebagai prioritas mereka dalam mencapai strategi pertumbuhan yang efektif.

"Berkaitan dengan hal itu kami melakukan penelitian tentang pendidikan inklusif dan `green jobs`," katanya.

Rochmat Wahab mengatakan, sebagian besar program studi di UNY adalah pendidikan seperti juga HIE yang memiliki "core business" di bidang pendidikan.

Menurut dia, kerja sama itu akan menjadi salah satu kerja sama lain yang dibangun oleh UNY untuk mewujudkan visinya menjadi universitas kelas dunia.

"Oleh karena itu UNY siap untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh peneliti yang terutama diselenggarakan oleh Fakultas Teknik," katanya.

(B015)