UII tindaklanjuti kerja sama "double degree" dengan Solbridge Korsel

id uii, solbridge international, double degree

Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan menindaklanjuti kerja sama yang telah disepakati dengan Solbridge International School of Business Woosong University, Korea Selatan.

"Dalam kerja sama itu disepakati bahwa mahasiswa International Program Universitas Islam Indonesia (UII) segera bisa mengambil program `double degree` (gelar ganda) di Solbridge," kata Wakil Dekan International Program UII Wiryono Raharjo di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, sebagai langkah awal untuk menjalankan program tersebut nanti akan dilakukan tukar silabus mata kuliah yang ada di UII kepada pihak Solbridge.

Selain itu, kata dia, peluang mahasiswa UII untuk memperoleh "partial scholarship" di Solbrige juga sangat terbuka. "Scholarship" tersebut akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi standar yang telah ditentukan.

"Solbridge International School of Business merupakan salah satu fakultas dari Woosong University yang dibuka pada 2007 di Daejeon, Korea Selatan (Korsel)," katanya.

Ia mengatakan, program yang ditekankan di Solbridge adalah pada bisnis yang fokus pada keuangan dan pemasaran logistik.

"Dengan memiliki visi menjadi Harvard Business School di Asia, maka tidak mengherankan sekolah bisnis tersebut menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Korsel," katanya.

Menurut dia, program yang dilakukan merupakan hibah program internasional yang diberikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada masing-masing perguruan tinggi di Indonesia.

"UII merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan hibah tersebut," kata Wiryono.

Ia mengatakan program yang diberi nama "fastrack" tersebut merupakan sebuah program yang menggabungkan antara strata satu (S1) dengan strata dua (S2). Dalam program tersebut mahasiswa S1 bisa menempuh S2 sekaligus dengan jangka waktu sekitar lima tahun.

"Hasil yang akan didapatkan mahasiswa dengan mengikuti program tersebut adalah mendapatkan dua gelar, yakni S1 dan S2 sekaligus. Masing-masing pihak bersepakat untuk segera mewujudkan rencana strategis tersebut dalam waktu dekat," kata Wiryono. (B015*H010/M008)

Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar