Rio Haryanto siap tampil maksimal di Bahrain

id balap mobil di bahrain

Rio Haryanto siap tampil maksimal di Bahrain

Pebalap asal Surakarta Rio Haryanto.(Foto Antara/Puspa)

Semarang  (ANTARA Jogja) - Pebalap asal Kota Surakarta (Solo), Rio Haryanto, siap tampil maksimal pada lomba balap mobil GP 2 Series putaran kedua di Bahrain, 20-22 April 2012.

Juru Bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan serangkaian persiapan sudah dijalani Rio sejak tampil pada putaran pertama di Sepang, Malaysia, Maret 2012.

Latihan yang dilakukan Rio, menurut dia, termasuk latihan balap di simulator, latihan fisik secara intensif, dan pendalaman aspek teknis.

Putaran kedua GP 2 Series ini akan digelar di Sakhir International Circuit Bahrain mendatang sebagai event pendukung balap balap mobil Formula 1 Bahrain Grand Prix
Penampilan Rio di Bahrain ini, kata dia, baru pertama kalinya sejak menekuni dunia balap. "Ini yang pertama bagi Rio tampil pada sirkuit sepanjang 5,412 kilometer tersebut," katanya.

 Rio Haryanto, kata Andy Mailangkay, sudah melakukan latihan fitnes dan sepeda gunung, termasuk belajar dari rekaman video dari balapan yang dilaksanakan di Bahrain sebelumnya.

Di samping itu, kata dia, pelatihan yang dilaksanakan Rio selama empat jam per hari, kemudian simulator selama delapan jam.

Ia mengatakan, fokus utama Rio adalah belajar sebanyak mungkin dan bisa menyelesaikan balapan.

Pada putaran pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rio menempati peringkat ke-10 dengan mengumpulkan nilai dua setelah pada putaran ketujuh menjadi pebalap tercepat di antara 26 peserta.

Rio yang tergabung dalam tim Marussia Carlin menyentuh garis finis dengan catatan waktu 41 menit 24,033 detik. Rekan satu timnya Max Chilton menempati peringkat ketujuh dengan catatan waktu 41 menit 15,685 detik.

Rio sejak Minggu (8/4) sudah berada di Inggris untuk persiapann teknis dan menjalani latihan fisik sebelum turun di Bahrain. "Dari Inggris, Rio langsung terbang ke Bahrain," katanya.

Usai tampil di Bahrain, Rio kembali mengikuti putaran ketiga juga digelar di Bahrain (26-28 April), sedangkan putaran keempat di Barcelona, Spanyol (10-12 Mei), kemudian di Monaco (24-26 Mei), dilanjutkan ke Valencia, Italia (22-24 Juni), dan seterusnya.


(H015)