Anna Burasova juarai JAPFA Chess Festival 2012

id jaurai japfa 2012

Anna Burasova juarai  JAPFA Chess Festival  2012

Japfa Chess Festival 2012 (http://turnamencatur.blogspot.com)

Jakarta  (ANTARA Jogja) - Pecatur putri Rusia WGM Anna Burtasova menjadi juara sekaligus yang terbaik di nomor turnamen internasional putri dalam rangkaian JAPFA Chess Festival 2012 di Jakarta, Jumat.

Anna yang memainkan bidak warna putih menutup babak terakhir turnamen dengan kemenangan melawan pecatur  ndonesia WGM Chelsea Monica Sihite di langkah ke-46.

Pecatur dengan peringkat Elo 2276 tersebut mengawali permainan dengan pembukaan Ruy Lopez Variasi Tukar.

"Saya bermain aman hari ini. Sebenarnya saya bisa saja bermain keras, tapi saya tidak mau mengambil resiko. Sangat penting bagi saya untuk memenangi turnamen ini," kata Anna Burtasova setelah permainan usai.

Anna mengatakan perjalanan di dalam turnamen ini tidak mudah karena dia sempat bermain buruk di babak-babak awal.

Anna mengawali turnamen dengan kekalahan dua kali berturut-turut di dua babak awal melawan pecatur Indonesia WIM Medina Warda Aulia dan pecatur Ukraina WGM Gutsko Anastasia.

 "Tekanan sangat berat pada awal babak, namun teman-teman selalu menyemangati saya sehingga saya bisa bangkit," kata Anna.

Pecatur yang sudah bermain catur sejak umur enam tahun tersebut mengatakan turnamen kali ini cukup menguras tenaga dan pikiran.

 "Satu babak per hari saja sudah sulit, apalagi dua babak yang membutuhkan konsentrasi dan stamina tinggi. Oleh karenanya permainan bisa menjadi lebih sulit," kata Anna.

Sementara itu, posisi runner-up dipegang oleh pecatur Indonesia WIM Medina Warda Aulia setelah mengalahkan pecatur Ukraina WGM Anastasia Gutsko dengan permainan yang ketat hingga langkah ke-78.

Medina mengemas enam poin, terpaut setengah poin dari juara turnamen Anna Burtasova.

"Saya senang menjadi runner-up, tapi saya belum bisa meraih gelar norma kedua Grand Master di sini," kata Medina.

Agar bisa meraih norma kedua GM dalam turnamen kali ini, Medina harus mengumpulkan 7,5 poin namun peluang tersebut tertunda karena perolehan poin Medina kurang 1,5 poin dari target.

 Juara pertama nomor turnamen wanita akan mendapatkan hadiah uang tunai 2.000 dolar AS, sedangkan juara kedua  akan mendapatkan 1.500 dolar AS.

Juara ketiga dipegang oleh pecatur Armenia WGM Evgeniya Doluhanova dengan mengemas 5,5 poin.

Dua pecatur Indonesia lainnya, WIM Chelsea Monica Sihite dan Yemi Jelsen berada di peringkat empat dan enam dengan masing-masing mengemas 4,5 poin dan tiga poin.

Sementara pecatur Ukraina WGM Gutsko Anastasia, yang sempat unggul di babak-babak awal, harus puas di posisi kelima dengan 4,5 poin.

(.A059)

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar