Jateng akan laksanakan TC sentralisasi di Yogyakarta

id balap sepeda

Jateng akan laksanakan TC sentralisasi di Yogyakarta

Balap sepeda (Foto Antara/Wahyu Putro)

Semarang (ANTARA Jogja) - Tim balap sepeda Jawa Tengah yang dipersiapkan tampil pada PON XVIII di Riau, 9-20 September 2012, bakal menjalani pemusatan latihan sentralisasi di Yogyakarta.

Pelatih balap sepeda Jawa Tengah Nur Rachman di Semarang, Rabu, mengatakan, latihan di Yogyakarta tersebut dimulai awal Mei hingga menjelang keberangkatan mereka ke Riau mendatang.

"TC (pemusatan latihan) sentralisasi di Yogyakarta ini khusus untuk nomor road race dan BMX karena memang kita sudah melakukan survei bahwa medan di Yogyakarta hampir sama dengan di Riau," kata Nur Rachman yang mantan pelatih pelatnas.

Menurut dia, untuk yang road race kondisi jalan di Yogyakarta datar sama dengan yang ada di Riau, sedangkan untuk yang BMX juga hampir sama antara Yogyakarta dengan Riau.

Kemudian untuk yang nomor down hill, kata dia, melaksanakan pemusatan latihan di Kudus, sedangkan untuk nomor cross country di Yogyakarta kemudian pindah ke Malang, Jatim.

Ia menambahkan, sebenarnya TC sentralisasi ini sudah harus dilaksanakan pada awal April 2012 tetapi diundur karena dana dari KONI Jawa Tengah belum turun.

Sebanyak 16 pebalap Jawa Tengah dipersiapkan tampil pada pesta olahraga multievent empat tahunan di Riau sesuai dengan kuota yang ditetapkan induk organisasi olahraga balap sepeda di Tanah Air.

Ke-16 pebalap sepeda tersebut di antaranya adalah Parno, Edi Purnomo, Iwan Setiawan, Hendra Wijaya, Warseno, Bayu Satrio (road race), Tonny Syarifuddin, Susiwati (BMX), dan lain sebagainya.

Ketika ditanya soal target pada PON di Riau mendatang, Nur Rachman yang juga pelatih klub Custom Cycling Club (CCC) tersebut, iamengatakan, Jawa Tengah hanya menargetkan meraih dua medali emas.

"Saya kira ini target yang realistis dengan melihat kekuatan kita dan pesaing-pesaing kita seperti dari Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan lain sebagainya. Dua emas tersebut diharapkan dari road race (nomor Team Time Trial) dan BMX atas nama Tonny Syarifuddin," katanya.

Pada PON XVII/2008 Kalimantan Timur, cabang balap sepeda Jawa Tengah hanya meraih satu medali emas dari nomor BMX putra atas nama Tonny Syarifuddin. (H015)