Tonton Susanto juarai "Criterium Race" Serpong

id tonton susanto juarai criterium race

Tonton Susanto juarai "Criterium Race" Serpong

Tonton Susanto dan keluarga (Foto antaranews.com)

Tangerang (ANTARA Jogja) - Tonton Susanto menjuarai nomor "Criterium Race" setelah mampu mengumpulkan poin tertinggi pada balap sepeda "Smailing Tour" di BSD Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu.

Pebalap yang memperkuat Tunas Jaya Cycling Club itu mampu mengumpulkan sembilan poin meski diakhir perlombaan harus menyerah dari pebalap Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya, Kaswanto, yang mampu finis di urutan terdepan.

Meski finis di urutan pertama, Kaswanto tidak mampu merebut gelar juara, karena sistem penilaiannya adalah poin dari empat sprint yang harus dilalui pebalap. Kaswanto harus puas diposisi tiga dengan nilai lima poin.

"Saya kurang maksimal di tiga titik sprint awal. Meski finis di urutan pertama, saya tetap kalah dengan Tonton yang memiliki poin lebih tinggi," kata Kaswanto usai perlombaan.

Menurut dia, perlombaan yang diikuti 54 pebalap nasional itu, persaingannya cukup ketat sejak lap pertama. Semua pebalap berusaha terus berada di rombongan terdepan. Kondisi ini sangat berpengaruh dalam membidik poin di titik sprint.

Pernyataan mantan pebalap Araya tersebut memang cukup beralasan. Di empat titik sprint yang dilalui, pebalap yang tercepat berbeda-beda, mulai dari pebalap senior Samai, Alvin, Tonton Susanto, dan yang terakhir Kaswanto

"Balapan hari ini cukup ketat. Tenaga sampai habis," kata pebalap United Bike Kencana Malang, Budi Santoso usai perlombaan. Pebalap yang akrab dipanggil Tupo itu mampu mengumpulkan tiga poin.

"Smailing Tour" nomor criterium race menempuh jarak 33,6 km yang dibagi dalam delapan lap, masing-masing lap berjarak 4,2 km. Sesuai data, ada 56 pebalap yang terdaftar, dan hanya dua pebalap yaitu Ryan Areihan dan Agus batal mengikuti perlombaan.

Berikut hasil 10 besar nomor criterium race: Tonton Susanto (Tunas Jaya) 10 poin, Endra Wijaya (CCC) 7 poin, Kaswanto (PSN) 5 poin, Alvin Firlandi (ISSI DKI) 5 poin, Samai (Trans Libas) 5 poin, M. Nur Fatoni (CCC) 4 poin, Budi Santoso (UBK) 3 poin, Robert Wijaya (UBK) 2 poin, Ongky Setiawan (Colossi) 2 poin dan Bayu Satrio (Colossi) 1 poin.

Selain nomor criterium race putra, pada kejuaraan ini juga dilombakan nomor criterium putri yang dimenangkan pebalap nasional, Yanthi Fuchiyanti. Selain itu, juga dilombakan nomor team time trial untuk umum.***3***

(B016)