Arus lalu lintas Malioboro Yogyakarta padat merayap

id malioboro padat merayap

Arus lalu lintas Malioboro Yogyakarta padat merayap

ilustrasi jalan malioboro/Noverandika (antara dok)

Jogja (ANTARA Jogja) - Arus lalu lintas di Jalan Malioboro Yogyakarta, Jumat, tampak padat merayap, karena banyak kendaraan bermotor wisatawan yang memadati kawasan tersebut.

Kepadatan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Malioboro itu didominasi oleh mobil dengan pelat nomor luar Kota Yogyakarta.

Mobil yang memadati Jalan Malioboro itu di antaranya berpelat nomor Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Magelang, Purwokerto, Surabaya, dan Malang.

Kepadatan kendaraan juga terjadi di beberapa ruas jalan akses masuk dan keluar Malioboro, di antaranya Jalan Mangkubumi, Jalan Mataram, Jalan Panembahan Senopati.

Selain itu, Jalan Ahmad Yani, Jalan Trikora, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Bhayangkara, dan Jalan Brigjen Katamso.

Kantong parkir di sekitar kawasan Malioboro juga tampak dipadati bus pariwisata. Kantong parkir itu di antaranya Abubakar Ali, Panembahan Senopati, Alun-alun Utara, dan Ngabean.

"Saat libur panjang kawasan Malioboro biasa dipadati wisatawan baik yang menggunakan mobil pribadi maupun bus pariwisata," kata Kepala Satlantas Polresta Yogyakarta Kompol Bambang S wibowo.

Kondisi itu, menurut dia, menyebabkan arus lalu lintas di kawasan tersebut menjadi padat merayap. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengaturan dan pengalihan untuk mengurai kepadatan tersebut.

"Kami juga mengimbau warga yang tidak memiliki kepentingan di kawasan Malioboro agar tidak melintas di kawasan tersebut," katanya.

Libur panjang, 17-20 Mei 2012 menyebabkan banyak wisatawan dari berbagai kota berkunjung ke kawasan Malioboro yang merupakan salah satu ikon pariwisata Yogyakarta.

Wisatawan tampak memadati mal, toko, dan emperan pertokoan yang dijadikan tempat berjualan pedagang kaki lima, untuk berbelanja oleh-oleh berupa makanan dan cendera mata khas Yogyakarta.(B015)