Triyaningsih pertahankan gelar lomba lari 10K

id palari triayingsih raih

Triyaningsih pertahankan gelar lomba lari 10K

pelari Trianingsih (foto antaranews.com)


Jakarta (ANTARA) - Pelari asal Jawa Tengah, Triyaningsih, berhasil mempertahankan gelar lomba lari Jakarta International 10K untuk kategori elite nasional putri yang diselenggarakan di Kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu.

Atlet yang meraih medali emas lari 5.000 meter, 10.000 meter, dan lari maraton pada SEA Games 2011 itu mencatatkan waktu 34 menit 53 detik. Catatan waktu ini menurun dibandingkan tahun lalu di mana ia mampu mencapai finish dalam waktu 33 menit 56 detik.

"Saya tidak tampil all-out karena sedang persiapan untuk mengikuti Taiwan Open," ujarnya saat konferensi pers usai berlomba.  

Triyaningsih meninggalkan atlet elite nasional putri lainnya dengan selisih hampir dua detik dengan peringkat kedua yakni Yulianingsih yang mencatatkan waktu 36 menit 36 detik. Sedangkan untuk juara ketiga ditempati oleh Feri Marince Subnafeu dengan catatan waktu 37 menit 18 detik.

Sementara itu untuk kategori elite nasional putra dimenangi oleh pelari asal Sumatera Selatan, Jauhari Johan, yang berhasil mencapai finis dalam waktu 30 menit 52 detik.

Jauhari yang pada tahun lalu menjadi juara kedua pada lomba yang sama mampu mengalahkan juara bertahan, Agus Prayogo, yang harus puas berada di tempat kedua dengan catatan waktu 32 menit 5 detik. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Ferry Junaidi dengan catatan waktu 32 menit 29 detik.

Seperti halnya Triyaningsih, catatan waktu Jauhari menurun tiga detik dibandingkan tahun lalu.

Pada lomba lari Jakarta International 10K yang diadakan tepat pada Hari Kebangkitan Nasional tahun ini tidak ada rekor yang terpecahkan, namun dari jumlah peserta yang mengikuti lomba ini lebih banyak dibandingkan tahun 2011 lalu.

"Saya senang penyelenggaraan JI 10K kali ini cukup sukses.Jumlah pesertanya lebih banyak dari pada tahun lalu, sekitar 35 ribu orang. Walaupun sejumlah pelari asing banyak yang tidak bisa ikut karena alasan persiapan olimpiade, dan belum ada rekor yang terpecahkan, semoga tahun depan bisa lebih baik lagi," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo, usai lomba.

Lomba lari Jakarta International 10K kali ini adalah lomba kesembilan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperingati hari ulang tahun ke-485 Provinsi DKI Jakarta.

Lomba ini terbagi ke dalam empat kategori yakni elite internasional, elite nasional, pelajar, dan umum. Rute lomba yang telah mendapat lisensi dari IAAF (International Association of Athletic Federation) dan AAA (Asian Athletic Association) ini yakni Kawasan Silang Monas Barat Daya - Jalan MH Thamrin - Jalan Jenderal Sudirman - berputar di Kampus Unika Atmajaya - finis di Kawasan Silang Monas Barat Daya.

    (T.C005)  


    


Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar