Keluarga dekat sebaiknya tidak melihat jasad korban

id himpsi keluarga korban sukhoi

Keluarga dekat  sebaiknya tidak melihat jasad korban

Himpunan psikolog Indonesia (himpsijatim.worpress.com)

Jakarta(ANTARA Jogja) - Koordinator Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia (Himpsi), Mira Rumeser menyarankan kepada keluarga korban kecelakaan pesawat Sukhoi agar sebaiknya tidak melihat jasad korban.

"Terlebih orang yang dekat dengan jenazah maka akan sangat susah menghilangkan efeknya. Kami menyarankan untuk tidak usah melihat terutama terhadap keluarga yang paling dekat, anaknya, ibu, atau kakak," kata Mira di Rumah Sakit Polri Said Sukanto di Jakarta, Selasa.

Jika keluarga korban tetap memaksa yang para psikolog hanya menguatkan saja karena yang mereka hadapi hal-hal yang tidak menyenangkan, katanya.

"Dari unsur psikologi yang akan terjadi adalah berapa lama akan tidak bisa tidur, makan, pikiran jernih karena setiap akan menutupkan mata akan terbayang-bayang," kata Mira.

Ada 12 psikolog yang akan mendampingi keluarga korban saat akan melihat jasad korban Sukhoi hari ini mulai pukul 13.00-20.00 WIB dengan didampingi Polwan.  Waktu untuk keluarga melihat hanya sekitar 10 menit dan dibatasi untuk satu keluarga tiga orang.
(.S035)