Masyarakat Yogyakarta harus jaga keamanan lingkungan

id paku alam x jaga

Masyarakat Yogyakarta harus jaga keamanan lingkungan

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X (( antaranews.com))

Jogja (ANTARA Jogja) - Kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan perlu ditingkatkan untuk mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban wilayah, kata Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Paku Alam IX.

"Sistem keamanan lingkungan (simkamling) atau program kegiatan lain yang mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban wilayah sebaiknya lebih digiatkan," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia saat membuka rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda), hal itu merupakan salah satu cara untuk antisipasi dini, sekaligus mempersempit peluang terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

"Koordinasi yang baik dengan pihak terkait sangat penting, terutama dalam pelaksanaan operasional dilapangan untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayah," katanya.

Ia mengatakan, untuk menghindari prasangka negatif dalam menjalankan operasional di lapangan harus memiliki ketegasan dengan tetap mengedepankan cara-cara persuasif.

"Selain itu, juga mengedepankan koordinasi dan kebersamaan dalam upaya memelihara kondusivitas daerah yang menjadi perhatian kita, sehingga upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama," katanya.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat dengan aktif dalam melaksanakan kegiatan simkamling sangat diperlukan, karena dengan peran masyarakat ikut menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan akan menciptakan lingkungan yang aman, tertib, tenteram, dan damai.

"Keamanan di wilayah DIY bukan hanya tanggung jawab Polri dan TNI, tetapi juga masyarakat dan seluruh elemen harus ikut terlibat, karena dengan peran dari masyarakat dan semua elemen akan bisa mewujudkan ketertiban dan keamanan yang mantap," katanya.

Dengan demikian, kata dia, wilayah DIY menjadi damai dan tenteram. Hal itu identik dengan warga Yogyakarta yang memiliki sikap, sopan, santun, bergaya hidup sederhana, bertemperamen halus.

"Selain itu, rasa kekeluargaan yang masih kuat, guyub rukun, dan adat istiadat yang masih dipertahankan, sehingga keamanan dan ketertiban Yogyakarta sangat terkendali," kata Paku Alam.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov DIY Hendar Susilowati mengatakan, rapat koordinasi Forkompimda itu bertujuan untuk menjalin sinkronisasi antara pusat dan daerah dalam menjalankan operasional di lapangan tentang keamanan dan ketertiban wilayah.

"Hal itu untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban masyarakat di wilayah DIY," kata Hendar.

(L.B015)