Pelari legendaris Ethiopia gagal lolos kualifikasi Olimpiade

id pelari ethiopia gagal lolos olimpiade

Pelari legendaris Ethiopia gagal lolos kualifikasi Olimpiade

Olimpiade London 2012 (Istimewa)

Hengelo, Belanda (ANTARA Jogja/Reuters/AFP) - Legenda atletik dari Ethiopia Haile Gebrselassie, Minggu, gagal lolos kualifikasi Olimpiade London setelah dia hanya finis di posisi tujuh dalam lari nomor 10.000 meter.

Juara Olimpiade dua kali untuk nomor 10.000 meter tersebut mengaku harapan untuk bisa lolos ke Olimpiade pupus setelah penampilan yang mengecewakan melawan 12 rekan senegaranya.

"Olimpiade London sudah berakhir bagi saya," kata Gebrselassie kepada AFP.

"Saya berlari cukup bagus hingga putaran terakhir. Saya yakin tapi ternyata saya tidak cukup cepat untuk bersaing melawan rival-rival saya. Itu lah hidup. Saya tidak kecewa," kata Gebrselassie yang pernah mengalahkan pelari hebat dari Kenya Paul Tergat di Olimpiade Sydney, untuk gelar juara keduanya di Olimpiade, yang merupakan salah satu finis terbaik sepanjang masa.

Tariku Bekele finis pertama dan menorehkan catatan terbaik dunia tahun ini dengan 27 menit 11,70 detik sehingga dia mendapatkan satu tiket ke Olimpiade.

Sementara itu, kakak laki-laki Bekele, Kenenisa, finis di belakang Leleisa Desisa Benti di tempat ketiga.

Kenenisa, yang merupakan pemegang rekor dunia nomor 10.000 meter tersebut, berjuang setelah beberapa bulan menderita gangguan otot betis.

Setelah gagal kualifikasi, Gebrselassie, yang berumur 39 tahun tersebut, mengatakan Ethiopia masih mempunyai generasi penerus yang kuat untuk dunia athletik.

Gebrselassie merasa bahwa dia seperti menyerahkan tongkat estafet athletik ke generasi emas Ethiopia.

"Saya meninggalkan trek dengan tenang karena ada generasi super yang akan mengambil alih.... Ethiopia akan menjadi lebih kuat di London," kata Gebrselassie yang terakhir kali belari di Olimpiade Beijing 2008 tersebut.

Gebrselassie mengatakan dalam tiga tahun ke depan, dirinya ingin berkarir di dunia politik dan menjadi anggota parlemen negaranya.

Juara dunia empat kali nomor lari 10.000 meter tersebut menambah catatan terbaiknya dengan menyelesaikan lari 10.000 meter dalam Great Manchester Run di Barat Laut Inggris pekan lalu dengan waktu 27 menit 39 detik.
(Sys.A059)