Mandela pindah ke desa masa kecil

id mandela pindah ke desa masa kecil

Mandela pindah ke desa masa kecil

Nelson Mandela (Foto antaranews.com)

Johannesburg (ANTARA/AFP Jogja) - Nelson Mandela, Selasa, pindah ke tempat tinggal di desa pada masa kecilnya, Qunu, kata Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

Presiden Afrika Selatan itu menambahkan negarawan gaek tersebut berada dalam kondisi baik.

Mandela telah tinggal di rumahnya di pinggiran Johannesburg, Houghton, saat rumahnya di Qunu, yang berada di Provinsi Cape Timur, diperbaiki.

"Ia telah menyampaikan keinginannya untuk pulang ke Qunu pada saat ini," kata Juru Bicara presiden Mac Maharaj kepada kantor berita SAPA, sebagaimana dilaporkan AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa malam.

Qunu adalah desa indah tempat Mandela tumbuh dewasa. Rumahnya di atas bukit, dengan penjagaan polisi sepanjang waktu, berdiri di antara bangunan tradisional yang menghiasi desa tersebut.

Itu rumah tempat ia sering menjamu tamu selama pesta ulang tahun pribadi, yang dihadiri kepala negara dan pesohor global.

Mandela, yang disebut sebagai lambang perujukan pasca-apartheid di Afrika Selatan, pernah dirawat di rumah sakit pada Februari, sehingga menimbulkan kekhawatiran mengenai kesehatannya.

Mandela, yang kini berusia 93 tahun, terakhir kali muncul di depan umum pada final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Mandela dibebaskan dari 27 tahun hukuman penjara pada 1990, dan dipilih sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan empat tahun kemudian.

Ia meraih Nobel Perdamaian pada 1993, dan menjalani satu masa jabatan presiden, sebelum mundur pada 1999.

(C003)