Kawasan Sungai Gajahwong dijadikan taman vertikultur

id sungai gajah wong

Kawasan Sungai Gajahwong dijadikan taman vertikultur

ilustrasi kegiatan warga di sungai gajah wong (Foto Antara/Noveradika)

Sleman (ANTARA Jogja) - Kawasan di sekitar aliran Sungai Gajahwong, di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta direncanakan akan dijadikan taman vertikultur.

"Sungai Gajahwong di Kecamatan Depok memiliki panjang sekitar enam kilometer, dari kegiatan susur sungai yang dilakukan terdapat sepertiga dari kawasan Sungai Gajahwong merupakan lahan kosong," kata Camat Depok Krido Suprayitno, di Sleman, Rabu.

Menurut dia, lahan kosong tersebut yang akan diprogramkan untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian perkotaan dengan menanam tanaman vertikultur seperti buah-buahan dan sayur.

Vertikultur adalah sistem tanam di dalam pot yang disusun secara horisontal dan vertikal atau bertingkat dan diusahakan pada lahan terbatas.

"Kami akan mensosialisasikan rencana taman tersebut ke masyarakat di sekitar Sungai Gajahwong, kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat tersebut," katanya.

Ia mengatakan, dari hasil obeservasi di kawasan Sungai Gajahwong juga diketahui di sepanjang sungai tersebut ditemukan empat titik pembuangan sampah.

"Kami akan mendirikan empat bank sampah guna mengatasi masalah tersebut. Nantinya masyarakat diberikan pelatihan pengolahan sampah agar memiliki daya guna," katanya.

Krido mengatakan, program pemberdayaan kawasan sungai Gajahwong tersebut akan dilakukan serentak dengan melibatkan elemen masyarakat di sekitar aliran sungai melalui kegiatan grebek sungai yabng akan dilakukan pada 12 Juli.

"Kami harapkan program ini dapat berjalan dengan baik, untuk itu kami mengharapkan peran serta semua pihak, terutama masyarakat setempat," katanya.



(U.V001)