Pertamina "Goes to Campus" berikan pelatihan jurnalistik

id pelatihan jurnalistik

Pertamina "Goes to Campus" berikan pelatihan jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik "Pertamina goes to campus"

Sleman  (ANTARA Jogja) - Kegiatan "Pertamina Goes to Campus" 2012 di Auditorium Kahar Mudzakkir Kampus Pusat Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Rabu, diisi dengan pelatihan dasar-dasar jurnalistik bagi mahasiswa setempat yang menghadirkan pewarta dan fotografer senior Kantor Berita ANTARA.

Fotografer senior Biro Foto ANTARA Fanny Oktavianus berkesempatan membagikan ilmu dan pengalamannya dalam bidang fotografi jurnalistik kepada sekitar 100 mahasiswa perserta.

Menurut Fani, fotografi jurnalistik merupakan bentuk dari kegiatan jurnalistik dengan medium fotografi untuk mengisahkan atau mengomunikasikan kejadian kepada khalayak.

"Dalam dunia jurnalistik, foto pada awalnya merupakan elemen pelengkap. Namun dalam perkembangannya berita foto dapat disejajarkan dengan berita teks," katanya.

Dalam sesi tersebut Fani juga memberikan pengtahuannya bagaimana memotret dan teknik memotret.

Kesempatan ini juga banyak dimanfaatkan para mahasiswa untuk tahu lebih banyak tentang fotografi jurnalistik melalui tanya jawab selama satu sesi penuh.

Sedangkan Pewarta Senior ANTARA Edi Utama menyampaikan materi tentang kiat menulis cepat, menarik dan bermanfaat.

Menurut Edi, untuk bisa menulis yang baik maka harus memiliki kepekaan terhadap peristiwa di sekitar, dan merekam kemudian menuliskan.

"Jadikan menulis kegiatan yang menyenangkan, bukan beban. Anggaplah tulisan untuk orang lain bukan hanya untuk diri sendiri dan gunakan bahasa sederhana, mudah dimengerti dan sopan," katanya.

Ia mengatakan, lahirnya tulisan bermula dari keingintahuan yang besar tentang berbagai peristiwa atau hal serta keinginan berbagi informasi maupun opini. Selain itu juga adanya keraguan akan peristiwa sehingga perlu membuktikannya," katanya.

Sedangkan Wahyu Yudha membawakan materi tentang bagaimana mempublikasikan tulisan, baik itu melalui koran, majalah, katalog maupun media elektronik termasuk di dalamnya website, media sosial, atau personal website (blog).

"Publikasi adalah membagi konten kepada publik, melalui berbagai media yang tersedia," katanya.


(V001)