400 tim PKM akan berlaga di Pimnas

id 400 tim pkm akan berlaga

400 tim PKM akan berlaga di Pimnas

Pimnas Ke-25 di Yogyakarta (Foto e-campusradio.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Sebanyak 400 tim Program Kreativitas Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Ke-25 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 9-14 Juli 2012.

"Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) itu telah lolos seleksi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)," kata Penanggung Jawab Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-25, Sri Atmaja P Rosyidi di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), tim PKM yang lolos seleksi itu terdiri atas 69 PKM-Kewirausahaan, 69 PKM-Karsa Cipta, 92 PKM-Pengabdian Masyarakat, 90 PKM-Penelitian, 70 PKM-Penerapan Teknologi, dan 10 PKM-Gagasan Tertulis.

"UMY sebagai tuan rumah berharap penyelenggaraan Pimnas Ke-25 dapat berlangsung sukses sehingga mampu menghasilkan generasi bangsayang memiliki budaya inovasi untuk membangun karakter bangsa yang mandiri," kata Sri.

Ketua Pelaksana Pimnas Ke-25, Husni Amriyanto mengatakan, dari 400 tim PKM itu ada sekitar 2.000 mahasiswa yang akan hadir sebagai peserta dan sebagian besar berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Untuk memudahkan para peserta dari luar DIY akan dibuka gerai informasi Pimnas di beberapa titik, antara lain Stasiun Tugu dan Lempuyangan, Terminal Giwangan dan Jombor, dan Bandara Adisutjipto. Di titik-titik tersebut akan ditempatkan beberapa petugas yang bertugas menjemput peserta menuju penginapan yang sudah disediakan," katanya.

Menurut dia, para peserta setiba di Yogyakarta akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dimulai pada 9 Juli 2012 dengan pawai karnaval di sepanjang Jalan Malioboro sampai dengan Alun-alun Utara.

Selanjutnya, kata dia, para peserta akan mengikuti acara pembukaan Pimnas Ke-25. Kegiatan itu akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Sportorium Kampus Terpadu UMY.

"Setelah acara pembukaan akan dilanjutkan presentasi dari para peserta, pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), bazaar Pimnas, pelaksanaan lomba non-PKM," kata Husni.***3***

(L.B015*H010/B/M008/M008) 21-06-2012 21:20:48