Indonesia raih 343.000 dolar di Taipei 2012

id Food Taipei 2012

Indonesia raih 343.000 dolar di Taipei 2012

Ilustrasi Food Taipei 2012 (foto antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Indonesia meraih penjualan sekitar 343.000 dolar Amerika Serikat (AS) pada Food Taipei 2012 yang merupakan pameran industri makanan terbesar di Taiwan dan pameran industri makanan pertama di kawasan Asia.

"Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini dimaksudkan agar perusahaan Indonesia dapat mempromosikan produk-produknya dan memperluas pangsa pasar internasional, meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia ke negara Taiwan khususnya, serta menjajaki peluang terjadinya kerja sama bisnis," kata Direktur Promosi dan Citra Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Pradnyawati, dalam rilis Kemendag yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Pradnyawati, Total transaksi awal (trial order) yang didapat selama pameran berlangsung pada tanggal 27--30 Juni 2012 mencapai 343.967 dolar AS untuk produk makanan ringan, cokelat, jelly, nata de coco, kue lapis, cabe olahan, teh, sari temulawak, dan jamu herbal.

Berdasarkan rilis tersebut, rata-rata pembeli internasional menunjukkan minat yang besar untuk melakukan kerja sama B to B (business to business) dengan pengusaha Indonesia dan berkeinginan untuk melakukan pemesanan trial order.

Selain itu, para pembeli internasional yang berasal dari Taiwan, China, Hong Kong, Singapura, Filipina, Jerman, AS, Guatemala, dan Nigeria dinilai sangat menggemari produk-produk yang berasal dari alam berupa produk makanan dan minuman kesehatan, seperti temulawak, lidah buaya, dan produk herbal.

Para pembeli tersebut juga menanyakan beberapa isu penting seputar jalur distribusi, komposisi bahan dalam makanan dan minuman, bentuk kemasan yang simpel dan tidak berat, dan perihal harga jual produk yang disesuaikan dengan harga pasar di negara mereka.

Sebagaimana diketahui, Food Taipei 2012 merupakan ajang tahunan yang telah diselenggarakan sebanyak 22 kali oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dengan menampilkan aneka ragam produk makanan dan minuman internasional, perlengkapan katering, peralatan masak perhotelan, dan produk kemasan.

Pada tahun 2012, pameran Food Taipei diikuti oleh sekitar 1.530 eksibitor yang berasal dari 30 negara di dunia, antara lain Amerika Serikat, Jepang, Korea, India, Yunani, Guatemala, Macau, dan Indonesia. Total pengunjung yang datang mencapai 55.000 orang pembeli dari domestik maupun luar negeri.

Paviliun Indonesia yang bertemakan "Remarkable Indonesia" dikoordinir oleh Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan serta Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan.

Paviliun ini menampilkan sembilan perusahaan Indonesia yang sudah memiliki reputasi dalam industri makanan di Indonesia maupun internasional, yaitu PT Garuda Food Putra Putri Jaya, PT Nyonya Meneer, PT Niramas Utama, PT BT Cocoa, PT Forisa Nusapersada, PT Sinar Sosro, PT Helmigs, PT Marizarasa Sarimurni, dan CV Dua Banteng.

(M040)