Seniman Sekar Jaya AS pentas di Bali

id seniman sekar jaya as

Seniman Sekar Jaya AS pentas di Bali

I Nyoman Gunarsa (Foto himusba.com)

Denpasar (ANTARA Jogja) - Enam seniman mancanegara yang terhimpun dalam kesenian Sekar Jaya Berkley, Kalifornia, Amerika Serikat, ikut ambil bagian memeriahkan Festival Internasional Bali Bangun di Museum Gunarsa, Semara Pura, Kabupaten Klungkung, Bali.

"Penampilan keenam seniman asing itu berkolaborasi dengan Sanggar Seni Cudamani Pengosekan, Ubud, Kabupaten Giangar," kata pendiri dan pengelola Museum Seni Lukis Klasik Bali Dr I Nyoman Gunarsa yang juga penggagas Festival Internasional Bali Bangun, Selasa.

Ia mengatakan belasan seniman tabuh Sanggar Seni Cudamani Pengosekan pimpinan Dewa Berata mengiringi pementasan seniman mancanegara yang menunjukkan kebolehannya dalam berbagai jenis kesenian Bali dengan penata tari Emiko Saraswati Susilo.

Pementasan yang berlangsung di panggung Puri Agung Surya Chandra Murti Museum Seni Lukis Klasik Bali antara lain menampilkan, tari Rejang Renteng, tari Trunajaya, Jauk Keras dan tari Legong Somya.

Festival internasional Bali Bangun menyuguhkan belasan lukis klasik Bali kuno yang menjadi koleksi museum di tujuh negara meliputi Australia, Amerika Serikat, Italia, Prancis, Swiss, Belanda dan tuan rumah Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung sebulan penuh hingga 28 Agustus 2012, dengan tujuan mengangkat harkat dan daya tawar karya seniman Bali di tingkat lokal, nasional dan internasional.

"Demikian pula ingin menjadikan seni lukis klasik Bali sebagai garda terdepan budaya bangsa dalam melestarikan seni budaya Bali pada era global," harap Gunarsa.

Penampilan seniman asing dalam memeriahkan Festival Internasional Bali Bangun mendapat sambutan antusias dari masyarakat maupun undangan yang mewakili pengelola museum di tujuh negara peserta itu.

(I006)