Sampah sisa Shalat Id membawa berkah

id sampah Shalat Ied

Sampah sisa Shalat Id membawa berkah

Petugas kebersihan Dinas Kebersihan Kota Yogyakarta, membersihkan sampah koran sisa Shalat Ied (Foto ANTARA/Mamiek)

Jogja (ANTARA Jogja) -  Sampah sisa Shalat Idul di kantor Pos Besar dan Alun-Alun Utara Kraton Y0gyakarta, membawa berkah bagi tukang sapu dan pemulung.

Setidaknya 13 tukang sapu yang dikerahkan oleh Dinas Kebersihan Kota Yogyakarta bisa tersenyum karena jerih payahnya membersihkan Alun-alun Utara dan seputar Kantor Pos Besar pada hari spesial diberi upah sebesar Rp50.000 dari salah satu donatur. Sebuah pemandangan yang tidak pernah didapatkannya pada hari biasa.  

"Kami membersihkan Alun-alun untuk persiapan Shalat Ied sejak pagi sehabis subuh, dan kembali membersihkan sampah koran bekas alas Shalat Ied yang ditinggalkan jamaah," kata petugas kebersihan, Purwanto di Yogyakarta, Minggu.

Ia menagatakan, sampah sisa Shalat Ied sangat banyak. Meski Dinas Kebersihan telah mengerahkan 13 tukang sapu, sampah masih menumpuk hingga 12.00 WIB.

Seorang pemulung, Susilo mengatakan, dirinya mendapatkan sampah koran sisa Shalat Ied sebanyak tujuh karung atau sekitar 350 kilogram. Koran tersebut rencananya akan langsung dijual ke pengepul kertas yang berada diseputar Giwangan.

"Setiap kilogramnya Rp400. Keuntungannya lumayan, dapat buat jajan anak," kata Susilo.

(KR-STR)

Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar