PSBA UGM menangi "Research Grant" JSPS

id psba ugm menangi

PSBA UGM menangi "Research Grant" JSPS

Universitas Gadjah Mada

Jogja (ANTARA Jogja) - Pusat Studi Bencana Alam Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memenangi "research grant" atau bantuan penelitian dari Japan Society Promotion of Science.

"Kami mengangkat tema penelitian `Developing Model of University-Community Collaborative Information Management for Evacuation Preparedness in Tourism Destinations: Case Study Kyoto-Japan and Yogyakarta-Indonesia`," kata peneliti Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudibyakto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, program riset kolaboratif itu diikuti enam mahasiswa program doktor di Fakultas Geografi UGM dan Asisten Peneliti Muda dari PSBA UGM yang akan berangkat ke Jepang selama sepuluh hari pada 3-12 Oktober 2012.

Selain itu, delapan mahasiswa program doktor dari Ritsumeikan University (Research Center for Disaster Mitigation of Urban Cultural Heritage, DMUCH) Jepang dibimbing Prof Kanegae akan belajar di UGM.

"Mereka akan belajar bagaimana model yang dikembangkan oleh UGM dalam program pengurangan risiko bencana akibat gempa bumi dan letusan Gunung Merapi," kata Sudibyakto yang juga Ketua Tim Proyek Bilateral itu.

Ia mengatakan lokasi yang dipilih adalah daerah tujuan wisata Kotagede, Candi Borobudur, dan Pantai Parangtritis.

Penelitian tersebut diharapkan menghasilkan panduan mitigasi bencana untuk turis yang sedang berkunjung di lokasi wisata, dan daerah-daerah yang berpotensi rawan terhadap bencana alam.

Dalam penelitian itu, kata dia, juga akan dikembangkan bagaimana partisipasi masyarakat di sekitar lokasi wisata mampu mengelola risiko bencana dalam berbagai bentuk kegiatan.

"Kegiatan ini di antaranya akses terhadap potensi bencana, menyusun peta rawan bencana, mengkomunikan risiko di antara pelaku dan masyarakat, menyusun peta jalur evakuasi, dan mengelola risiko bencana yang akan dihadapi," kata Sudibyakto.

(B015)