Dua gubernur raih Anugerah Pendidikan Inklusif Kemendikbud

id dua gubernur anugerah

Dua gubernur raih Anugerah Pendidikan Inklusif Kemendikbud

Denpasar (ANTARA Jogja) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meraih penghargaan Anugerah Pendidikan Inklusif 2012 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penghargaan kepada dua gubernur dan 18 penerima anugerah serupa itu diserahkan oleh Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Prof Dr Musliar Kasim di Denpasar, Minggu malam.

Penghargaan inklusif diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan lembaga Helen Keller International yang didukung lembaga USAID.

Penghargaan untuk kedua kalinya diadakan di Indonesia ini telah menyeleksi secara ketat 20 orang pemenang dengan kategori gubernur, bupati/wali kota, universitas, individu, dan guru sekolah.

Musliar Kasim menyampaikan apresiasi positif atas perjuangan keras para penerima penghargaan dalam membantu pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus.

"Dengan penghargaan seperti ini, kami harapkan para orang tua tidak lagi merasa rendah diri. Sekarang banyak yang disembunyikan karena merasa malu. Padahal pasti ada potensi tersembunyi yang dimiliki anak-anak berkebutuhan khusus," katanya.

Selain kedua gubernur, penerima penghargaan serupa adalah tujuh bupati dan wali kota (Wali Kota Yogyakarta, Bupati Kabupaten Lembata NTT, Bupati Sukabumi Provinsi Jawa Barat, Bupati Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Selatan, Bupati Aceh Besar, Bupati  Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan dan Bupati Sidoarjo Provinsi Jawa Timur).

Sementara tiga pimpinan perguruan tinggi, yakni dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Solo, serta Universitas Negeri Surabaya.

Sedangkan untuk kategori individu diraih empat orang, yakni Bambang Basuki (Yayasan Mitra Netra Jakarta), Eny Rahma Zaenah (Yayasan Al Firdaus Solo), Fitriani (Yayasan Lentera Insani) serta Srihadi W Zarkasi (dosen Unpad).

Sementara empat guru dan kepala sekolah yakni Atik Purwatmini (guru SMPN 226 Jakarta), Budi Cahyono (SDN Krebet, Jambon, Ponorogo, Jawa Timur), Dewi Marza (Kepala Pusat Sumber Braile Payakumbuh, Sumbar), dan Lilis Lismaya (Kepala SLBN 1 Palangkaraya, Kalimantan Tengah).

Penghargaan itu diserahkan sekaligus dalam malam pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2012. Dalam malam penyerahan penghargaan Anugerah Pendidikan Inklusif di Denpasar ini, terlihat Alex Noerdin hadir di antara penerima penghargaan, sementara Fauzi Bowo diwakilkan.
(T.KR-LHS)