DPRD Babel studi banding ke Yogyakarta

id dprd babel studi banding

DPRD Babel studi banding ke Yogyakarta

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Jogja (ANTARA Jogja) - Komisi II DPRD Provinsi Bangka Belitung menggelar studi banding ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, guna menimba ilmu tentang pengembangan pariwisata di wilayah tersebut.

"Keunikan dan keragaman wisata budaya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menjadi daya tarik bagi daerah lain di Indonesia," kata Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Didiet Srigusjaya di Yogyakarta.

Saat mengunjungi Kantor Dinas Pariwisata DIY di Jalan Malioboro 56 Yogyakarta, ia mengatakan maksud kedatangan rombongan DPRD Babel ke provinsi DIY antara lain untuk menimba ilmu sekaligus studi banding kawasan wisata khususnya kemajuan pariwisata daerah ini yang nantinya bisa diakomodir di Bangka Belitung.

"Pariwisata DIY tetap menjadi barometer pariwisata nasional karena daerah ini memang memiliki keistimewaan yang tidak bisa dimiliki daerah lain di Indonesia," kata Didiet.

Rombongan Komisi II DPRD Provinsi Babel yang dipimpin langsung Ketua Komisi II Didiet Srigusjaya, dan diterima langsung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir, dengan beberapa pejabat terkait di lingkungan pemda Provinsi DIY.

Dalam sambutannya, Tazbir mengatakan, secara geografis wilayah DIY sangat kecil karena hanya memiliki lima wilayah kabupaten/Kota dengan dengan jumlah penduduk sekitar 3,5 juta jiwa. Meski wilayahnya kecil tetapi potensi dan keragaman wisata budaya DIY banyak dikagumi wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara.

"Pariwisata DIY sangat lengkap dan beragam karena tidak hanya mimiliki kekayaan alam dan keindahan pantai, namun juga ada objek wisata `heritage`, pusat kerajinan, kawasan Kaliurang, Malioboro dan objek wisata lainnya," jkata Tazbir di hadapan rombongan DPRD Provinsi Babel Belitung di aula Sapta Pesona Dinas Pariwisata DIY.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerja di dinas pariwisata DIY, rombongan DPRD Provinsi Babel menyempatkan diri berfoto bersama kemudian meneruskan meninjau kawasan belanja Malioboro dan kemudian berangkat ke Jakarta.

(H008)