Gembira Loka gelar pameran di Rakornas PKBSI

id gembira loka gelar pameran di rakornas

Gembira Loka  gelar pameran  di Rakornas PKBSI

Ilustrasi kebun binatang (Foto izaa.org)

Jogja (ANTARA Jogja) - Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka bersama komunitas reptil Jakarta, Safari Wonder, CV Doni, akan menggelar pameran untuk menyemarakkan Rapat Koordinasi Nasional Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia di Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta, 13-16 September.

Ketua Panitia Pelaksana II Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) 2012 di Yogyakarta, Josep Kurniawan, Rabu mengatakan, miniatur Gembira Loka Zoo bakal ditampilkan dalam ruang pameran pada Rakornas PKBSI tersebut.

Dalam pameran tersebut sebagian koleksi satwa dalam bentuk miniatur koleksi Gembira Loka Zoo akan ditampilan di antaranya kuda nil, komodo, gajah dan berbagai jenis pepohonan rindang hasil karya tim kreatif karyawan Gembira Loka Zoo.

"Keindahan miniatur hewan dan pepohonan purba yang merupakan koleksi di kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta itu dibuat dari bahan kerangka beton neser yang dilapisi kertas semen. Persiapan untuk membuat itu semua dibutuhkan waktu selama 13 hari sejak awal September lalu. Kami mencoba membuat suasana di ruang pamer secara alami, seperti di Gembira Loka, katanya.

Ia mengatakan Safari Wonder dari Cisarua Bogor merupakan anak perusahaan Taman Safari, sedangkan CV Doni dari Jakarta bergerak dalam usaha cenderamata itu kana menampilkan produknya.

Menurut dia, rapat tahunan yangg mengusung tema "Menuju Lembaga Konservasi Berstandar Global" ini diperkirakan diikuti 100-120 peserta. Mereka merupakan utusan dari 40 anggota dan 9 calon anggota PKBSI yang tersebar di DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera dan Yogyakarta.

Acara itu rencananya juga akan dihadiri para pengurus PKBSI dan dari jajaran Kementerian Kehutanan serta lembaga/instansi terkait lainnya.

Tujuan rakornas selain sebagai ajang komunikasi yang efektif untuk proses pengembangan potensi PKBSI, juga memberi peluang promosi dan mengenalkan produk unggulan bagi mitra kerja PKBSI.

Dalam forum akbar nasional terkait perkebunbinatangan ini selain dilangsungkan rapat khusus pengurus PKBSI, juga diisi dengan jamuan makan malam di Bangsal Sri Manganti kompleks keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Selain itu peserta juga diajak menyaksikan pentas sendratari Ramayana di Candi Prambanan, dan mengunjungi kota tua di pusat kerajinan perak Kotagede.

"Sementara itu, untuk hasil rakornas akan disampaikan di di Mayang Tirta kompleks Gembira Loka Zoo,sekaligus acara penutupan," katanya.

(H008)