Banjir bandang kembali terjang Padang

id banjir bandang

Banjir bandang kembali terjang Padang

Ilustrasi banjir bandang (seruu.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Curah hujan berintensitas tinggi di hulu Sungai Batang Kuranji sejak Rabu (12/9) siang menyebabkan banjir bandang melanda beberapa daerah di Kota Padang pada Rabu  pukul 16.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan blackberry di Jakarta, Kamis, menjelaskan daerah yang mengalami banjir bandang itu adalah Kecamatan Pauh, Kuranji, Luki, dan Lubeg.

"Ratusan rumah di tiga kecamatan tersebut tergenang banjir. Hingga saat ini belum ditemukan adanya korban meninggal atau luka akibat banjir bandang. Ratusan warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," ujar Sutopo.

Menurut dia, BPBD Kota Padang melaporkan adanya longsor di hulu sungai yaitu di Kelurahan Batu Busuak yang menimpa rumah warga. Sampai saat ini empat orang warga penghuni rumah tersebut belum ditemukan.

Sementara tim BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kota Padang, TNI, Polri, Tagana, PMI, dan masyarakat berada di lokasi kejadian untuk memberikan bantuan darurat. Tim gabungan juga sudah menurunkan seluruh petugas untuk melakukan evakuasi di tempat pengungsian, persiapan distribusi makanan dan peralatan, pemantauan lokasi bencana.

"Dilaporkan juga di Kabupaten Pesisir Selatan juga dilanda banjir dan hujan lebat. Data masih dikumpulkan oleh BPBD Pessel. Korban sementara belum ada," ujarnya.
(D011)

Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar