Jabar juara umum balap sepeda PON Riau

id balap sepeda

Jabar juara umum balap sepeda PON Riau

Balap sepeda (Foto Antara/Wahyu Putro)

Pekanbaru (ANTARA Jogja) - Kontingen Jawa Barat (Jabar) memastikan diri sebagai juara umum cabang balap sepeda Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau dengan raihan lima emas, dua perak dan tiga perunggu.

Meski diperlombaan terkahir nomor "Road Race" Putra di Lintasan Balap Sri Indrapura, Kamis gagal menempatkan wakilnya ditiga besar, namun hasil raihan medali kontingen Jabar ini tidak terkejar oleh kontingen lain.

Emas pertama bagi kontingen Jabar ini dipersembahkan oleh atlet Kusmawati Yazid. Pebalap kelahiran Ciamis, 10 Agustus 1982 ini mampu menjadi yang tercepat cabang balap sepeda nomor "MTB Cross Country". Di nomor ini pebalap Jabar juga mempersembahkan perunggu lewat Nunung Sekarningsih.

Dominasi pebalap Jabar terjadi di MTB Cross Country Putra setelah Bandi Sugito mampu mengawinkan emas. Selain itu, pebalap Jabar juga mampu mempersembahkan medali perak lewat Candra Rafsanjani.

Satu hari berselang giliran Ratu "Down Hill" Indonesia, Risa Suseanty yang mampu mempersembahkan medali emas bagi kontingen Jabar. Kemenangan Risa ini telah diprediksikan sejak awal karena selama latihan terus dominan.

Dua emas Jabar lainnya didapat dari nomor "Individual Time Trial". lewat Yanthi Fuchianti dan pebalap senior Tonton Susanto.

Sementara itu, satu perak lagi dipersembahkan dari nomor "Team Time Trial" (TTT) lewat Tonton Susanto, Agung Alisyahbana dan Arin Iswana. Sedangkan dua medali perunggu diraih oleh Yanthi Fuchianti lewat nomor "Criterium" Putri dan Road Race Putri.

"Kami sangat bersyukur dengan hasil ini. Raihan medali ini telah melebihi target yang dibebankan.Yang jelas kami sangat mengapresiasi semangat juang semua pebalap," kata Tim Manajer Balap Sepeda Jabar, Isya Subagja.

Terget medali kontingen Jabar yang selama ini beredar adalah tiga medali emas. Dengan demikian jika didasarkan pada hasil saat ini maka kontingen Jabar mampu merealisasikan target yang dibebankan.

Diposisi dua adalah Jatim dengan tiga emas. Emas tim ini diraih dari nomor TTT putra dan putri serta dari nomor BMX Cross Putri dan posisi tiga adalah kontingen DIY dengan dua emas yang diraih dari nomor Down Hill Putra dan Road Race putra.

(B016)