UNY-UPSI Malaysia bentuk "Twin Department"

id uny-upsi malaysia bentuk

UNY-UPSI Malaysia bentuk "Twin Department"

Ilustrasi Indonesia-Malaysia (Foto oseafas.wordpress.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta dan Jabatan Kimia Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia memperkuat kerja sama dengan membentuk "twin department" atau jurusan kembar.

"Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam `twin department` antara lain pertukaran mahasiswa untuk praktik mengajar, pertukaran mahasiswa `sit in` untuk masuk kuliah di kelas dan laboratorium, kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa, dan pertukaran penguji skripsi," kata Ketua Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY Hari Sutrisno di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, Ketua Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Ismail bin Zainol akan datang ke UNY sebagai pembicara kunci seminar pendidikan kimia pada 3 November 2012. Ketua Jabatan Kimia Fakultas Sains dan Matematika UPSI Azlan Kamari juga akan hadir sebagai "guest lecturer" pada 2 November 2012.

"Mereka akan menjelaskan tentang tren pendidikan di SMA Malaysia dan tren penelitian kimia di Malaysia. Mereka juga akan berdialog dosen Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY tentang penelitian bersama dan pertukaran penguji yang telah bergelar profesor terutama untuk mahasiswa S2 dan S3," katanya.

Ia mengatakan, pada 2013 UNY akan mengirimkan mahasiswa "sit in" ke Jabatan Kimia UPSI Malaysia. Pada November 2012 UNY akan mengirimkan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Matematika, Fisika, dan Biologi ke UPSI.

"Ke depan UNY juga akan mengirimkan mahasiswa untuk praktik mengajar ke Malaysia. UPSI akan mencarikan SMA atau SMP untuk tempat praktik mengajar mahasiswa UNY," katanya.

Menurut dia di bidang penelitian, UNY menjadikan UPSI mitra untuk meraih hibah penelitian internasional yang ditawarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) atau dari sponsor lain.

UNY bisa datang ke UPSI membawa sampel untuk dikarakterisasi kemudian melakukan publikasi bersama. Di UPSI masuk laboratoriumnya gratis tetapi biaya akomodasi dan transportasi ditanggung sendiri.

"UNY mendorong para dosen untuk melakukan penelitian internasional karena `link` sudah ada. Fasilitas laboratorium penelitian di Jabatan Kimia UPSI sangat lengkap dan modern sehingga sangat memadai untuk penelitian di berbagai bidang ilmu kimia," katanya.

(B015)