"Rembug Jogja" wadah mencari magnet baru Yogyakarta

id Yogyakarta

"Rembug Jogja" wadah mencari magnet baru Yogyakarta

Tugu Adipura Kota Yogyakarta (Foto Antara)

Jogja (ANTARA Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar sarasehan "Rembug Jogja" yang ditujukan untuk menjaring aspirasi warga kota dalam mencari `magnet` baru Yogyakarta.

"Kegiatan ini merupakan salah salah satu rangkaian acara peringatan HUT ke-256 Kota Yogyakarta. Acara ini bersifat terbuka dan masyarakat bisa mengikuti untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono di Yogyakarta, Senin.

Rembug Jogja tersebut rencananya digelar pada Rabu (10/10) mulai pukul 19.00 WIB di Balai Kota Yogyakarta dengan menghadirkan sejumlan narasumber yaitu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Budayawan Yuwono Sri Suwito dan sejumlah praktisi lain.

Menurut Yunianto, kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh dinamika perkembangan kota-kota di Indonesia yang semakin pesat sehingga diperlukan sebuah "magnet" baru dari segi budaya, dan pariwisata yang bisa semakin memperkaya Yogyakarta.

"Rembug Jogja ini merupakan upaya untuk mencari, mengidentifikasi dan menginventarisasi magnet baru yang ada di Kota Yogyakarta, terutama dari segi budaya. Di usia yang lebih dari dua setengah abad Kota Yogyakarta harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman," katanya.

Sejumlah magnet dalam industri pariwisata di Kota Yogyakarta seperti Malioboro, Taman Pintar dan magnet di bidang budaya seperti Gerakan Sego Segawe (sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe, sepeda untuk bersekolah dan bekerja) harus tetap dipertahankan dan dikembangkan.

Selain datang secara langsung untuk menyampaikan aspirasinya, warga Yogyakarta juga bisa memanfaatkan perkembangan media sosial untuk menyampaikan pendapatnya.

Warga bisa memanfaatkan "twitter" dengan hastag #rembugjogja atau melalui @YogyakartaCity, @Jogja Today, dan @JogjaUpdate. Selain itu, masyarakat juga bisa mengikuti jalannya sarasehan secara online melalui akun Facebook : Yogyakarta, Jogja, dan Jogjaku.

Diharapkan, lanjut dia, kegiatan Rembug Jogja tersebut dapat menumbuhkan semangat masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan Kota Yogyakarta.

Peringatan HUT Kota Yogyakarta diperingati tiap 7 Oktober dan pada tahun ini mengusung tema "Semangat Segoro Amarto untuk Jogja Istimewa". Sejumlah kegiatan untuk merayakan hari ulang tahun tersebut telah dan masih akan digelar seperti lomba kesemarakan kampung dan festival kesenian di wilayah.

(E013)