Warga nyanyikan "jogja Istimewa" usai pelantikan Sultan

id pelantikan sultan

Warga nyanyikan "jogja Istimewa" usai pelantikan Sultan

Pelantikan Sri Sultan HB X sebagai Gubernur D.I.Yogyakarta (Foto ANTARA/Regina)

Jogja (ANTARA) - Ratusan warga menyanyikan lagu "Jogja Istimewa" di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat usai pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX sebagai gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lagu itu dinyanyikan oleh Jogja Hiphop Foundation bersama ratusan warga usai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sultan dan Paku Alam sebagai gubernur dan wakil gubernur (wagub) DIY masa jabatan 2012-2017 di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Rabu.

Personel Jogja Hiphop Foundation Marzuki mengatakan lagu tersebut untuk menyambut momentum awal pelaksanaan Undang-undang Keistimewaan (UUK) DIY dengan dilantiknya Sultan dan Paku Alam sebagai gubernur dan wagub DIY oleh presiden.

"Pelantikan itu merupakan momentum awal untuk semakin meneguhkan kembali cita-cita keistimewaan pasca-disahkannya UUK DIY setelah melalui perjalanan dan perjuangan yang cukup panjang," katanya.

Seniman Butet Kartaredjasa mengatakan momentum tersebut diharapkan dapat membawa Yogyakarta ke arah yang lebih baik dan rakyatnya lebih sejahtera.

"Mari kita teguhkan diri dengan berjanji untuk tidak menggerogoti dana keistimewaan DIY. Mari kita bantu Sultan mengawal keistimewaan dari orang-orang yang akan memanfaatkannya untuk kepentingan sendiri," katanya.

Putri sulung Sultan, Gusti Kanjeng Ratu (GK) Pembayun mengatakan masyarakat DIY diharapkan dapat ikut memberikan masukan dan dukungan terhadap pemerintahan agar berjalan baik.

"Kami berharap masyarakat DIY dapat memberikan masukan dan dukungan demi terwujudnya DIY yang lebih baik dan sejahtera di masa depan," katanya.
(B015)