Atletico difavoritkan lolos fase grup Liga Eropa

id liga eropa eufa

 Atletico difavoritkan lolos fase grup Liga Eropa

Liga eropa UEFA (Istimewa)

Paris (ANTARA/AFP Jogja) - Juara bertahan Atletico Madrid menjadi satu dari beberapa tim yang diprediksi bakal lolos ke fase gugur (knockout) Liga Europa pada Kamis (8/11) atau Jumat WIB untuk mengakhiri babak penyisihan grup.

Pemimpin klasemen Grup B, Atletico, satu dari tiga tim dengan rekor sempurna sejauh ini yakin mereka akan lolos ke babak 32 besar saat melawan Academica di Coimbra, Kamis.

Namun Atletico tak akan diperkuat bintang mereka Radamel Falcao asal Kolombia dan beberapa pemain utamanya karena Pelatih Diego Simeone memilih pasukan mudanya bagi pertandingan tandang ke Portugal.

Meskipun menelan kekalahan 0-2 dari Valencia Sabtu kemarin, suatu hasil yang menghentikan rekor tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan di semua kompetisi, Emre Belozoglu, salah satu pemain senior yang dipertahankan dalam susunan pemain utama bagi pertandingan Kamis ini, menyeru agar timnya bersatu.

"Saat saya dikontrak oleh klub ini, saya lihat ada atmosfer yang sangat fantastis di tim - ini seperti sebuah keluarga," kata pemain internasional Turki tersebut kepada UEFA.com.

"Jika seorang pemain bermain dan yang lain tidak, itu bukan sebuah masalah. Kami semua bekerja keras di bawah pelatih hebat yang seperti teman bagi kami. Itu hal terpenting bagi sebuah tim."

Rekor 16 kemenangan beruntun Atletico di Eropa tetap terjaga dan Emre punya kesempatan mempertahankan gelar tersebut.

"Tahun lalu kami memenangi Liga Eropa UEFA dan kami ingin mengulanginya lagi," kata dia.

"Kami punya tim bagus dan kami bermain baik. Jika kami dapat lolos, kami dapat mencapai tujuan kami dan berharap menyudahi dengan baik di Spanyol."

Lyon yang juga meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan akan mencari tiket lolos  ke babak selanjutnya saat melawan Athletic Bilbao.

Lyon menang di Stade Gerland 2-1 sehingga posisinya berada di atas finalis tahun lalu, Bilbao yang terpuruk di grup I.

Dnipro Dnipropetrovsk jadi tim ketiga dengan rekor sempurna dan tim Ukarina tersebut akan lolos dari Grup F bila mereka mampu mengalahkan Napoli dengan 15 pertandingan tak terkalahkan di kandanng.

Tim yang lagi bangkit, Inter Milan, yakin mereka akan lolos dengan meraih kemenangan di Partizan Belgrade. Begitu juga Rubin Kazan yakin bakal mengatasi tim kecil Azerbaijan, Neftci.

Kondisi lebih sulit dialami Tottenham Spurs setelah mengalami tiga hasil imbang di Grup J.

Spurs duduk di peringkat ketiga, di bawah Lazio dengan dua angka dan Maribor dengan satu angka, tapi Clint Dempsey percaya timnya masih punya banyak kesempatan untuk lolos.

"(Maribor) mencetak gol lebih dulu, tapi kami menunjukkan ciri khas untuk bangkit dari ketinggalan dan menjaga posisi kami yang masih punya peluang di grup," kata pemin internasional Amerika Serikat saat mengingatkan hasil imbang Spurs 1-1 dua minggu lalu kala Gylfi Sigurdsson menyelamatkan Tottenham dari juara Slovenia Maribor.

"Itu kerja kami dan semuanya dapat Anda minta," tegas Dempsey.

"Kami masih bermain serta fokus pada di tiga pertandingan berikutnya," lanjutnya.

Liverpool dan Newcastle keduanya menempati posisi pertama di  grup A dan D. Kemenangan akan mempemudah jalan mereka mereka pada Kamis (8/11) namun jika kalah akan mengancam posisi kedua perwakilan Inggris tersebut.

Setelah mengalahkan Anzi Makhachkala 1-0 di Anfield, Liverpool berkunjung ke Dagestan pada Kamis (8/11) dengan keunggulan dua angka dari raval mereka, yakni tim asal Rusia dan Udinese. Sementara Young Boys membuntuti di belakangnya.

Sedangkan Newcastle belum aman di fase grup musim ini dan akan berlaga ke Club Brugge yang minggu ini memecat pelatih mereka Georges Leekens asal Belgia.

The Magpies, julukan Newcastle, berada di puncak klasemen dengan tujuh angka, Bordeaux ditempat kedua dengan empat angka, Brugge ketiga dengan tiga angka serta penghuni dasar klasemen ditempati Maritimo dengan dua angka.