Dinkes gelar lomba paduan suara hidup sehat

id paduan suara

Dinkes gelar lomba paduan suara hidup sehat

Ilustrasi irama paduan suara (interior.lintas.me)

Sleman (ANTARA Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lomba paduan suara Mars Hidup Sehat antarkader kesehatan yang ada di wilayah ini.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr Cahy Purnama, Kamis, mengatakan, rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-48 selain puncak acaranya dengan upacara, juga diadakan lomba paduan suara bagi kader kesehatan yang ada di 25 puskesmas se Kabupaten Sleman.

Lomba tersebut berlangsung dua hari, yaitu Rabu (7/11) dan Kamis (8/11) di rumah dinas bupati.

"Dalam lomba paduan suara ini peserta menampilkan dua lagu, lagu wajib adalah Mars Hidup Sehat, sedangkan lagu pilihan yaitu `Tul Jaenak`, `Potong Bebek` dan `Numpak Prahu Layar`," katanya.

Ia mengatakan kriteria penilaian dalam lomba tersebut meliputi penampilan, harmonisasi, dan teknik.

"Peserta lomba paduan suara sebanyak 25 group, setiap group terdiri atas 20 orang yang terdiri para kader kesehatan dan karyawan puskesmas," katanya.

Menurut dia, juara I Puskesmas Moyudan, juara II Puskesmas Seyegan, juara III Puskesmas Depok I, juara harapan I Puskesmas Pakem, dan juara harapan II Puskesmas Tempel I.

Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Sri Kustini Purnomo mengatakan kader kesehatan adalah ujung tombak di masyarakat yang sangat membantu pembangunan kesehatan di Sleman, yang saat ini menunjukkan hasil yang baik.

"Sebagai salah satu indikatornya adalah angka kematian ibu dengan kematian bayi di Sleman lebih rendah dari angka nasional. Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari peran kader kesehatan," katanya.

Ia mengatakan apabila Mars PKK dan Mars KB sudah sangat populair di masyarakat, sementara Mars Hidup sehat masih perlu disosialisasikan di masyarakat, sehingga lomba paduan suara ini merupakan salah satu upaya mensosialisasikan di kalangan masyarakat.

"Indonesia sehat, Sleman sehat, Ibu Selamat Anak sehat, merupakan tema HKN Ke-48/2012. Dengan tema tersebut diharapkan masyarakat lebih akrab dengan tema itu, sebagai acuan untuk kehidupan sehari-hari dalam menggapai Indonesia sehat, Sleman sehat," katanya.

(V001)