Menteri LH serahkan hadiah Lomba Foto Satwa

id lomba foto lh

Menteri LH serahkan hadiah Lomba Foto Satwa

Menteri Negara (Meneg) Lingkungan Hidup (LH) Balthasar Kambuaya (antaranews.com)

Bogor (ANTARA Jogja) - Menteri Negara Lingkungan Hidup Prof Dr Balthasar Kambuaya, memberikan hadiah kepada pemenang Lomba Foto Satwa Internasional 2012 yang diselenggarakan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat.

"Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia 5 Juni serta hari Cipta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada 5 November," kata Humas Taman Safari Indonesia, Julius Supriharjo.

Julius mengatakan, Lomba Foto Satwa Internasional tahun ini merupakan yang ke 22 kalinya diselenggarakan atas kerja sama antara Taman Safari Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup beserta PT Datascrip.

Penjurian lomba foto satwa ini telah dilaksanakan pada Kamis (18/10) lalu, dengan jumlah foto yang masuk sebanyak 11.304 lembar foto.

Pada lomba foto kali ini, 5 orang dewan juri memutuskan Narsisikus Tedi, SDI Photografer dari Bandung menjadi Juara I dengan foto sepasang singa yang diberi judul "Love Scream".

Juara II di raih oleh Shikei Goh dari Batam, dan juara III oleh Iwan Thirta dari Jakarta, serta 15 pemenang harapan lainnya dari berbagai daerah di tanah air.

Pemenang lomba juara pertama berhak menerima uang tunai senilai Rp20 juta, tropi dari Menteri Negara Lingkungan Hidup. Tiket pesawat Jakarta-Bali serta sejumlah kamera.

Sesuai penyerahan hadiah dengan acara yang bertemakan Papua, selanjutnya menteri meresmikan Safari Poo Paper (Proses daur ulang kotoran gajah menjadi kertas) di area Taman Safari Indonesia.

"Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, dan menandatangani prasasti," katanya Julius.      

Julius menambahkan diharapkan dengan adanya Safari Poo Paper yang diprakarsai oleh Taman Safari Indonesia ini dapat menggugah masyarakat untuk mencintai lingkungan.

Acara penyerahan tropi Lomba Foto Satwa Internasional 2012 dihadiri oleh sekitar 200 tamu undangan.

Tamu selain para peserta lomba, juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan Kabupaten Bogor yang diwakili Sekretaris Daerah, serta, Direksi Taman Safari Indonesia Frans Manangsang dan Janson Manangsang.
(KR-LR)