Sulsel turunkan 23 pesilat di Popwil Makasar

id pesilat

Sulsel turunkan 23 pesilat di Popwil Makasar

Ilustrasi, pertandingan pesilat. (antaranews.com)

Makassar (ANTARA Jogja) - Tim pencak silat Sulawesi Selatan menurunkan 23 atlet terbaik mengikuti Pekan Olahraga Pelajar antar-Wilayah (Popwil) Wilayah IV, di Makassar, 2-7 Desember 2012.

Pelatih silat Sulsel Muhammad Ashary di Makassar, Sabtu, mengatakan, seluruh atlet akan disiapkan terdiri dari 17 pesilat kategori tarung serta enam kategori TGR atau seni.

"Dari 23 atlet yang kita siapkan, kita harapkan 10 diantaranya berhasil merebut tiket ke Popnas Jakarta 2013. Meski tidak mudah namun kita cukup yakin sebagian yang tampil bisa merebut peringkat satu dan dua sebagai syarat mendapatkan tiket Popnas 2013," katanya.

Dalam mewujudkan target, tim Sulsel sejak tiga bulan terakhir terus mematangkan kemampuan dan mental atlet. Tim Sulsel juga berharap dukungan masyarakat pada pertandingan nanti dapat dimanfaatkan seluruh atlet dengan tampil lebih percaya diri.

Sebaliknya, kata dia, hasil mengecewakan yang diraih pesilat muda Sulsel pada kejurnas PPLP, September 2012, diharapkan tidak berimbas terhadap motivasi atlet. Apalagi  pesilat Sulsel secara kualitas dinilai cukup menjanjikan.

"Kegagalan di Kejurnas PPLP akan kita jadikan cambuk bagi atlet untuk tampil lebih maksimal. Peluang kita juga cukup besar dengan status sebagai tuan rumah," katanya.

Mengenai kekuatan lawan di Popwil 2012, menurut dia, cukup seimbang. Namun pihaknya tetap memberikan kewaspdaan tinggi terhadap kualitas pesilat Jatim. Popwil Makassar diikuti sejumlah provinsi yakni Sulbar, Jatim, NTB, NTT, Kaltim, termasuk Maluku.

"Pada Popnas 2011, kita hanya meloloskan satu atlet namun ternyata sukses meraih emas. Mudah-mudahan pada pelaksanan Popnas 2013 bisa lolos lebih banyak sehingga peluang kita makin besar," ujarnya.

(KR-DF)