Maitimo resmi gantikan posisi Arthur Irawan

id Maitimo resmi gantikan posisi Arthur Irawan

Maitimo resmi gantikan posisi Arthur Irawan

Timnas Garuda Raphael Maitimo (antaranews.com)

Kuala Lumpu (ANTARA Jogja) - Pemain blasteran Indonesia-Belanda, Raphael Maitimo, resmi menggantikan posisi Arthur Irawan di Timnas Garuda untuk Piala AFF 2012 setelah proses administrasi kewarganegaraan tuntas.

Dengan masuknya Maitimo dalam Timnas Garuda yang akan menjalani pertandingan perdana melawan Laos di Stadion Bukit Jalil, Minggu (25/11), maka 22 pemain yang harus didaftarkan ke AFF sudah terpenuhi.

"Ini adalah pilihan sulit. Pemain yang ada semuanya bagus. Ini juga bukan masalah kualitas tapi kebutuhan tim," kata pelatih Timnas Nil Maizar di Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu.

Menurut dia, masuknya Raphael Maitimo dalam 22 pemain yang didaftarkan ke AFF bisa dipastikan tidak akan mempengaruhi kekompakan tim karena pemain blasteran ini telah lama menjalani pemusatan latihan.

Bahkan, kata dia, Maitimo telah diset untuk mengisi salah satu posisi yaitu bek kanan meski posisi sebanarnya adalah seorang pemain sayap kanan.

"Kondisi tim tidak terpengaruh dengan hal ini. Yang jelas semua pemain memiliki keunggulan," kata mantan pelatih klub Semen Padang ini.

Masuknya pemain keturunan Bukittingi ini jelas akan memperkuat lini pertahanan Timnas Garuda. Selama ini Nil Maizar hanya mengandalkan empat pemain paten, yaitu Novan Setya, Hamdi Ramdan, Wahyu Wijiasnanto dan Nopendi.

Meski telah masuk dalam 22 nama pemain yang didaftarkan ke AFF bukan jaminan akan langsung menjadi pemain inti. Kemungkinan besar Raphael Maitimo akan menjadi pelapis Nopendi.

"Lihat saja besok. Siapa yang akan masuk tim inti," kata pria yang pernah mengenyam pendidikan kepelatihan di Jerman itu.

Timnas Garuda pada pertandingan perdana Piala AFF 2012 akan menghadapi Laos, Minggu (25/11). Selanjutnya akan menghadapi Singapura, Rabu (28/11) dan Malaysia, Sabtu (1/12).

(B016)

Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar