Kulon Progo terima bayi beruang madu

id kulon progo terima bayi beruang

Kulon Progo terima bayi beruang madu

Ilustrasi bayi beruang madu (Foto article.wn.com)

Kulon Progo (ANTARA Jogja) - Taman Satwa "Wildlife Rescue Centre" Yogyakarta di Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima seekor bayi beruang madu (Helarctos malayanus) atau "Malayan sun bear".

"Bayi beruang madu tersebut diserahkan Balai Koservasi Sumber Daya Alam Wilayah II Jawa Tengah pada Jumat (23/11), yang merupakan hasil sitaan dari perdagangan ilegal satwa liar," kata Humas "Wildlife Rescue Centre" (WRC) Rosalia Setiawati, Sabtu.

Menurut dia, selain seekor bayi beruang madu, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan seekor Binturong atau "Archtritis binturong" dan Landak Raya atau "Histrix brachiura".

"Kondisi ketiga satwa langka yang dilindungi undang-undang tersebut saat ini berada di ruang karantina Taman Satwa WRC ," kata Dokter Satwa WRC Yogyakarta Drh Dian Tresno Wikanti.

Ia mengatakan, mengatakan bahwa ketiga satwa tersebut masih terus diobservasi.

"Ketiganya masih dikarantina dan diobservasi. Bayi Beruang Madu ketika tiba di sini (WRC) kondisinya sedang diare. Ini masih terus kami pantau, karena untuk satwa yang masih bayi seperti itu rentan juga jika kena diare," katanya.

Menurut dia, untuk Binturong, laporan awal yang diterima adalah di bagian ekornya terluka.

"Namun kami belum lakukan pemeriksaan detail karena satwanya masih cukup stress, jadi biar tenang dulu. Kalau anak Landak Raya cukup sehaT," katanya.

Ia mengatakan, penyitaan tiga satwa liar dilindungi yang dilakukan oleh BKSDA Wilayah II Jawa Tengah tersebut merupakan tindak lanjut atas laporan adanya penawaran bayi Beruang Madu pada sebuah forum situs online.

"Operasi penyelamatan satwa liar itu melibatkan pihak BKSDA Wilayah II Jawa Tengah, Kepolisian Cilacap, serta sejumlah aktivis satwa dari Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) dan Center for Orangutan Protection (COP)," katanya.

Dian mengatakan, bayi beruang jantan berusia lima bulan bernama Bedhu tersebut diselamatkan oleh pihak berwenang dari rumah seorang pengusaha di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis (22/11) malam.

"Bedhu yang sebelumnya hanya ditempatkan dalam kandang sempit itu langsung dievakuasi ke Taman Satwa WRC Yogyakarta," katanya.

(V001)